Breaking News:

Tak Cocok Minum Susu Sapi, Jangan Sampai Anak Kekurangan Zat Besi, Ini Solusinya

Tak semua anak cocok minum susu sapi meski begitu tetap penuhi kebutuhanj nutrisi anak agar tak kekurangan zat besi

web
ilustrasi Susu 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pada masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan nutrisi lengkap untuk menunjang perkembangan tubuhnya. Salah satu cara untuk membantu pertumbuhan anak adalah dengan memberikan susu.

Namun kenyataannya tak semua anak cocok dengan susu sapi.

Lalu bagaimana mengatasi anak yang tidak cocok dengan susu sapi? Sementara anak harus tetap mendapatkan asupan nutrisi seimbang untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya, tidak terkecuali zat besi.

Baca juga: Jaga Kesehatan Tubuh di Tengah Pandemi dengan 5 Langkah Detoksifikasi di Pagi Hari Ini

Untuk itulah, perlu Anda ketahui, anak dengan kondisi ini ternyata berpotensi memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami kekurangan zat besi.

Menurut Prof. DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc. yang akrab disapa Prof. Tati, Zat besi merupakan salah satu nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan fungsi kognitif si Kecil, termasuk bagi anak yang dengan kondisi tidak cocok susu sapi.

Dengan mencukupi kebutuhan Zat Besi pada si Kecil, diharapkan dapat mendukung ia mencapai tumbuh kembang yang maksimal dan terhindar dari dampak buruk akibat kekurangan Zat Besi seperti prestasi akademik yang menurun, mudah terserang penyakit, gangguan permanen pada sistem motorik dan sensorik, serta pertumbuhan fisik yang terhambat.

Kondisi tidak cocok susu sapi adalah salah satu tantangan kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak.

Baca juga: Benarkah Sarapan Bubur Kurang Pas untuk Kesehatan Tubuh? Ini Penjelasannya

Gejala yang muncul dari kondisi ini bisa berbeda-beda pada setiap anak, tetapi umumnya berupa ruam merah yang gatal, bengkak, bersin-bersin, pilek, batuk, mata berair, sakit perut, muntah atau diare.

Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(K), M.Kes menyatakan bahwa selain menimbulkan gejala, kondisi si Kecil yang tidak cocok susu sapi juga membuatnya rentan mengalami kekurangan nutrisi penting, salah satunya adalah zat besi.

Padahal, zat besi merupakan salah satu nutrisi esensial yang dapat mendukung si Kecil yang tidak cocok susu sapi dapat tetap tumbuh maksimal.

Halaman
123
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved