Breaking News:

Gempa Bumi

Sembilan dari 10 Orang Jepang Tahu Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi dan Bencana Alam

Pada 1 September 1923,misalnya ada gempa dahsyat yang menjadi pelajaran berharga bagi bangsa Jepang.

Penulis: Adityas Annas Azhari | Editor: Adityas Annas Azhari
wikipedia
Gempa dahsyat di Jepang pada 1 September 1923 yang dikenal dengan gempa besar Kanto. Korbantewas hampir mencapai 100 ribu orang dan lebih dari 43 ribu orang hilang. Jepang menjadikan 1 September sebagai hari Kewaspadaaan Bencana Nasional. 

BEBERAPA hari lalu media ramai memberitakan tentang gempa bumi berkekuatan 7,3 magnitudo yang mengguncang Fukushima, Jepang, Sabtu (13/2). Gempa berpusat di kedalaman 60 kilometer di bawah permukaan laut di Fukushima itu tidak berisiko tsunami.

Pusat gempa berada dekat episentrum tahun 2011 yang memicu tsunami dahsyat dan merobohkan tiga reaktor nuklir.

Tidak ada korban jiwa dalam gempa tersebut dan kerusakan pun minim. Kementerian Luar Negeri RI menyatakan tak ada korban warga Indonesia. Pemerintah Jepang sudah mengecek reaktor nuklir itu  dan tak ada kerusakan.

Petunjuk cara menyelamatkan diri dari bencana alam di Jepang. Booklet dalam Bahasa Inggris ini dibagikan bagi warga asing yang berkunjung ke Jepang
Petunjuk cara menyelamatkan diri dari bencana alam di Jepang. Booklet dalam Bahasa Inggris ini dibagikan bagi warga asing yang berkunjung ke Jepang (TribunJabar/Adityas Annas Azhari)

Bagi Jepang gempa bumi bukanlah hal  baru. Negeri Sakura ini berulang kali diguncang gempa besar bahkan tsunami namun rakyat Jepang selalu siap siaga.

Negeri Matahari Terbit itu memiliki 6.852 pulau yang berada di sabuk api Pasifik. Sekitar 80 persen wilayah Jepang bergunung-gunung yang 50 persennya adalah gunung api.

Anggota DPR RI, H Sodik Mujahid, dalam khutbah Jumat di Masjid Darul Hikam Bandung sekitar setahun silam menceritakan pengalamannya bertemu sejumlah tokoh Jepang.

Baca juga: FOTO-FOTO Dahsyatnya Dampak Gempa Besar Jepang, Matikan Listrik Hampir 1 Juta Rumah, Kereta Berhenti

Menurut Sodik, sembilan dari 10 warga Jepang tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa.

Bangsa Jepang banyak belajar dari gempa sehingga tahu cara mengatasinya.

Pada 1 September 1923,misalnya ada gempa dahsyat yang menjadi pelajaran berharga bagi bangsa Jepang. Gempa itu terjadi di wilayah Kanto yang meliputi Tokyo, Yokohama, dan prefektur (provinsi) sekitarnya berkekuatan 7,9 skala richter.  Akibat dari gempa Kanto itu  99.331 orang tewas, 43.476 jiwa hilang, dan 103.7333 cedera.

Contoh booklet cara-cara menyelamatkan diri dari bencana di Jepang. Booklet ini dibagi-bagikan kepada warga asing maupun lokal di Jepang.
Contoh booklet cara-cara menyelamatkan diri dari bencana di Jepang. Booklet ini dibagi-bagikan kepada warga asing maupun lokal di Jepang. (TribunJabar/Adityas Annas Azhari)

Belajar dari banyaknya korban jiwa, Jepang tak mau jatuh pada lubang yang sama. Maka setiap 1 September ditetapkan sebagai hari pencegahan bencana nasional atau disaster prevention day.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved