Breaking News:

Cara Mudah Membuat Kartu Keluarga Sejahtera untuk Terima Bansos Rp 500 Ribu, Dimulai Daftar ke RT/RW

Bansos tunai Rp 500 ribu harus penuhi dua syarat ini, harus miliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan bukan penerima program keluarga harapan (PKH)

Editor: Dedy Herdiana
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Pekerja menunjukkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kantor Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017) lalu. Pemerintah menargetkan penyaluran bantuan sosial non tunai dengan 10 juta kartu penerima manfaat (KPM) bagi masyarakat kurang mampu dalam bentuk KKS yang memiliki fitur "saving account" dan "e-wallet " sehingga bisa menabung dan mendapat beragam bansos dan subsidi yang terintegrasi dalam satu kartu. 

TRIBUNJABAR.ID - Bantuan sosial tunai Rp 500 ribu untuk 9 juta keluarga penerima manfaat (KPM) sejak Rabu (2/9/2020), kemarin sudah disalurkan pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

Keluarga yang mendapatkan bansos tunai Rp 500.000 harus memenuhi dua syarat ini, yakni harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan bukan penerima program keluarga harapan (PKH).

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk keluarga yang mendapatkan bansos tunai Rp 500.000 atau bukan, Anda dapat cek secara mandiri di link cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Lantas bagaimana jika tidak memiliki Kartu Keluarga Sejahtera?

Berikut cara membuat atau mengurus Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk mendapatkan manfaatnya seperti yang dikutip Tribunjabar.id dari Tribunnews.com dan TribunSolo.com:

BLT Rp 500 Ribu Per-Keluarga Segera Cair, Berikut Cara Daftar Online di cekbansos.siks.kemsos.go.id

Harap Bersabar, Bantuan Upah Rp 600 Ribu Pasti Disalurkan, Segera pada Gelombang Kedua

Kilas Balik Meli Sampai Juara LIDA 2020, Perjuangan Tak Mudah, Nangis Raih Kemenangan Buat Orangtua

- Daftarkan diri Anda sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke pemerintah daerah terdekat seperti RT/RW setempat.

Anda bisa bertanya tentang informasi KKS kepada pengurus RT/RW, perangkat desa/aparatur kelurahan di wilayah tinggal KPM atau Humas Kementerian Sosial.

- Biasanya setelah mendaftar KPM, calon KPM akan mendapatkan surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.

- Data yang telah diisi oleh calon penerima program ini lalu diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan dan kantor walikota/ kabupaten.

- Setelah verifikasi data selesai, penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berfungsi sebagai kartu non tunai untuk pengambilan bantuan pangan.

Ilustrasi Uang BLT
Ilustrasi Uang BLT (Tribunnews/Jeprima)

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved