Lebaran 2020

H-3 Lebaran, Volume Kendaraan di Exit Tol Cileunyi Turun 50 Persen Dibanding Tahun Lalu

Kasatlantas Polresta Bandung, AKP Hasby Ristama memaparkan, sampai H-3 indulfitri sekarang tentu berbeda dengan operasi ketupat tahun lalu.

Tribun Jabar/Lutfi Ahmad M
Suasana di exit Tol Cileunyi, Rabu (20/5/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jumlah kendaraan yang memasuki Kabupaten Bandung dan melintas menuju Garut, Tasikmalaya, Sumedang, dan lainnya di H-3 Idulfitri kali ini menurun hingga 54 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Penurunan volume kendaraan ini disebabkan adanya PSBB karena pandemi corona.

Pemerintahpun telah melarang mudik demi mencegah penularan Covid 19.

Kasatlantas Polresta Bandung, AKP Hasby Ristama memaparkan, sampai H-3 indulfitri sekarang tentu berbeda dengan operasi ketupat tahun lalu.

"Kalau dihitung jumlah kendaraan yang (melintas) menurun hampir 54 persen (kendaraan yang keluat di Exit Tol Cileunyi) ," ujar Hasby, Pos Operasi Ketupat Lodaya Covid 19 di Cileunyi, Kamis (21/5/2020).

Menurut Hasby, jika tahun lalu bisa mencapai 34 ribu yang memasuki Kabupaten Bandung, sekarang tak sampai 20 ribu.

"Sekarang kurang lebih 18 ribu kendaraan saja yang keluar gate tol cileunyi, penurunan sekita 54 persen," kata dia.

Rata-rata kendaraan ini menuju Sumedang, Tasik, Garut dan Kota Bandung

Hasby mengungkapkan, kalau dilihat sampai sekarang di Exit Tol Cileunyi masih dilakukan penyekatan kendaraan secara parsial dengan adaanya cek poin.

"Itu juga dilakukan di beberapa tempat lain, sehingga praktis jika menemukan masyarakat yang mudik itu akan diputar balikan," kata Hasby.

Hasby menjelaskan, itu bisa terlihat dari barang-barang yang ada di kendaraan tersebut, atau motor-motor yang membawa barang banyak sudah dikategorikan juga pemudik.

"Kecuali barang-barang yang dibawa untuk berjualan kami bisa bedakan, terlihat dari barang-barang yang ada tersebut," ucapnya.

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved