Breaking News:

Puskesos Kota Bandung pada Ramadan Kali Ini Sepi, Beda dengan Tahun-tahun Sebelumnya

Puskesos di Derwati, Kota Bandung, selama bulan puasa ini tampak kosong. Biasanya, tempat itu dihuni para PMKS.

TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA
PEMANDANGAN di Kompleks Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di Derwati, Kota Bandung, Kamis (7/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

 TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kompleks Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di Derwati, Kota Bandung, selama bulan puasa ini tampak kosong. Selama ini, komplek seluas tujuh hektare lebih itu dihuni para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Sebut saja orang terlantar, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), pekerja seks komersial, hingga gelandangan.

"Banyak yang dipulangkan selama wabah virus corona. Tapi sekarang ada beberapa yang masih di sini," ujar Andre, petugas Puskesos Dinas Sosial Kota Bandung, Kamis (7/5/2020).

Ia mengatakan, biasanya, Puskesos itu selalu menampung banyak sekali PMKS mulai dari pengemis, gelandangan, hingga PMKS lainnya yang datang ke Kota Bandung memanfaatkan bulan Ramadan di suasana seperti saat ini.

"Kalau sekarang justru malah enggak ada pengiriman PMKS ke sini, dihentikan dulu untuk menghindari penularan," ujar Andre.

Biasanya dari awal Ramadan, petugas banyak membawa puluhan PMKS dari jalanan Kota Bandung ke Puskesos yang mulai berdiri sejak 2018 itu.

Jumlah Pasien Covid-19 di Kabupaten Sukabumi Bertambah pada Pelaksanaan PSBB Hari Kedua

"Makanya di sini kalau bulan puasa dulu selalu ramai. Mereka pada kumpul. Anak jalanan main gitar di sini. Nah, sebelum bulan puasa, mereka dipulangkan atau ada yang menjemput ke sini," kata Andre.

Pantauan Tribun, Kompleks Puskesos itu memang sepi. Tidak banyak penghuni yang hilir mudik karena memang saat ini tidak banyak yang menghuni karena pandemi virus corona.

Wagub Jabar Berharap Angkutan Umum Tetap Tidak Beroperasi Selama PSBB

"Bulan puasa tahun ini di sini sekarang berbeda, lebih sepi. Paling yang ada sekarang ODGJ di belakang," ujar Andre. (*)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved