Resensi Buku

Merencanakan Perencanaan Penguatan SDM

Juga, dibahas soal perencanaan diklat yang merupakan ruh pada proses penentuan rangkaian kegiatan

istimewa
Buku Perencanaan, Pemantauan, dan Evaluasi Diklat 

ADA sebuah kejadian lucu dialami resensor, ketika ada kolega menceritakan, bahwa seorang orang tua ingin memasukkan anaknya ke Telkom Corporate University (Corpu) alih-alih ke Telkom University.

Situasi ini bisa terjadi karena entitas keduanya seolah sama padahal beda.

Jika Telkom University memang melahirkan sarjana dan magister, maka Corpu adalah istilah kekinian dari sebuah badan pendidikan dan latihan (Diklat) milik badan usaha milik negara (BUMN).

BUMN itu dalam sekurangnya enam tahun terakhir memang banyak yang melakukan perubahan jenama diklat miliknya, dengan dibubuhi Corpu di belakangnya.

Maka, selain PT Telkom, kita juga kemudian menemukan PLN Corpu, Pertamina Corpu, BRI Corpu, dan banyak lagi.

Singkatnya, diklat itu semacam naik kelas dengan penyematan istilah Corpu sehingga sejumlah pihak berharap lebih banyak padanya.

Pada buku ini, fenomena sesaat ini dicoba dibedah secara fundamental. Yakni bab-bab awal berisikan penjelasan tentang manajemen sumber daya manusia (SDM), yang lalu dikerucutkan dalam pembahasan tentang Pengembangan SDM dan Diklat-nya.

Bab berikutnya membahas analisis kebutuhan diklat (AKD) sebagai proses awal sebelum perencanaan diklat yang lebih terperinci.

Juga, dibahas soal perencanaan diklat yang merupakan ruh pada proses penentuan rangkaian kegiatan. Sebab, di dalamnya ditentukan strategi pembelajaran, metode, waktu, dan lainnya guna mencapai tujuan diklat yang ditetapkan.

Fragmen akhir buku, tentu saja sesuai dengan judul buku, menceritakan monitoring dan evaluasi (monev) sebuah diklat secara komplet.

Halaman
12
Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved