Kaset Tak Lekang Dimakan Waktu

Rahasia Kolektor Bisa Simpan Kaset hingga Awet Bertahun-tahun, Ini Tip dan Trik Mereka

Rahasia Kolektor Bisa Simpan Kaset hingga Awet Bertahun-tahun, Ini Tip dan Trik Mereka. UNTUK menyimpan kaset agar tahan lama perlu trik. Ada beberapa

Istimewa
Kaset-kaset milik Budi yang juga dijual di Jalan Dewi Sartika, Kota Bandung. 

UNTUK menyimpan kaset agar tahan lama perlu trik. Ada beberapa trik yang diungkapkan kolektor kaset. Budi misalnya, ia merawat kaset dengan membersihkan pita.

Selain itu, kata Budi, dia memutar kaset-kasetnya secara berkala. Dengan cara itu, katanya, kaset-kaset miliknya bisa bertahan lama.

"Simpan kaset di tempat yang tidak lembap. Kelembapan bisa membuat pita kaset berjamur dan bungkus kaset cepat lapuk dan rusak," kata Budi kepada Tribun, Selasa (31/3).

Budi juga menyimpan kaset-kasetnya di tempat yang tidak ada barang yang mengandung unsur magnet. Cara itu, menurut Budi, bisa menghindari kerusakan kualitas suara pita kaset.

Adapun untuk memastikan kualitas pita kaset, menurut Budi, tidak ada jalan lain yaitu hanya mendengarkannya. "Saya sebagai penjual kaset bekas, biasanya memberikan garansi ke pembeli, kalau jelek dibalikin, karena kalau didengarkan semua butuh waktu lama," katanya.

Pengoleksi kaset lainnya, Buldan Nurjamil, punya trik tersendiri untuk merawat kaset-kasetnya. Buldan menyimpan sekitar 2.000-an kaset di rumahnya.

"Kalau untuk perawatan mah gampang kalau ada jamuran diputar 1,2 kali juga bersih. Kecuali yang jamurnya tebal harus pakai alkohol atau sejenisnya," katanya, Rabu (1/4)

Buldan menyiapkan lemari dan rak untuk menyimpan kaset-kasetnya agar tahan lama dan kualitasnya tetap terjaga. Di lemari itu pun tersimpan player untuk memutar kaset-kaser Buldan.

Kolektor Kaset Simpan Berbagai Genre, Ada Metallica, Megadeth, Dangdut, hingga Kecapi Suling

Generasi Milenial Ada yang Suka Kaset, Cihapit dan Jalan Dewi Sartika Tempat Kumpul Kolektor Kaset

Untuk memastikan kaset masih bisa digunakan dan kualitasnya bagus, Buldan biasanya melihat gulungan pitanya kendor atau tidak. Menurutnya, pita kaset ada beberapa jenis ada yang tipis dan agak tebal, tergantung yang memproduksinya.

Halaman
1234
Editor: Januar Pribadi Hamel
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved