Kaset Tak Lekang Dimakan Waktu

Kolektor Kaset Simpan Berbagai Genre, Ada Metallica, Megadeth, Dangdut, hingga Kecapi Suling

Kolektor Kaset Simpan Berbagai Genre, Ada Metallica, Megadeth, Dangdut, hingga Kecapi Suling. Rhoma Irama juga ada.

Istimewa
BULDAN NURJAMIL, Kolektor kaset warga Ciwaruga Bandung. 

BULDAN Nurjamil (47) memiliki ribuan kaset yang disimpan di tempat khusus di rumahnya, kawasan Ciwaruga, Kabupaten Bandung Barat. Ia menyebut pernah memiliki sekitar 6.000 kaset. Namun, karena tempat kaset di rumahnya tidak muat lagi ia menjual 4.000-an kaset ke kolektor lainnya.

Sebagai kolektor kaset, Buldan mengumpulkan semua genre musik. Ia mengaku mulai rajin mengoleksi kaset pada 1990-an."Hampir semua genre musik ada. pop, jaz, keroncong, dan lain-lain. " kata Buldan lewat WhatsApp, Rabu (1/4).

Awalnya Buldan sering mendengarkan lagu-lagu Ikang Fawzi dan God Bless yang beraliran rock. Namun kemudian ia pun senang mendengarkan lagu dangdut, khususnya yang sering didendangkan Rhoma Irama bersama Sonetanya.

"Kalau lagu-lagu Barat, awalnya senang Metallica, Iron Maiden, dan Yngwie Malmsteen," katanya.

Buldan mengaku sejak masih SMA sudah mengumpulkan kaset satu demi satu. Ia menyisihkan uang jajan sekolahnya untuk memenuhi hobinya. Buldan tahu betul penjual kaset bekas yang bisa dikoleksinya. Dia menyebut penjual kaset di Jalan Cihapit, Dewi Sartika, Astanaayar, dan Dipati Ukur. Ia juga membeli kaset dari sesama kolektor.

"Harganya bervariasi. Ada yang Rp 10.000. Kaset yang harganya Rp 400.000 juga ada," katanya.

Hingga sekarang, kaset-kasetnya itu masih diputarnya. Ia mendengarkannya hampir tiap hari. Apalagi, katanya, kalau hari libur. "Labih asyik setelah pulang kerja di sela istirahat pasti dengerin musik. Yang paling sering didengerin musik rock," ujarnya.

Buldan pun sampai sekarang masih memiliki pemutar kaset, seperti Politron, Sony, Aiwa, dan Technic. "Player masih banyak beredar di antara kolektor dan komunitas kaset," katanya.

Generasi Milenial Ada yang Suka Kaset, Cihapit dan Jalan Dewi Sartika Tempat Kumpul Kolektor Kaset

Kaset Guruh Gipsy Capai Harga Rp 500 Ribu Lho!

Diwariskan ke Cucunya, Kaset Oding Dipasarkan Lewat Medsos

Selain mengoleksi kaset, Buldan mengoleksi CD, DVD music, vinyl/piringan hitam. Namun, katanya, belum sebanyak kaset koleksinya.

Halaman
1234
Editor: Januar Pribadi Hamel
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved