Kaset Tak Lekang Dimakan Waktu

Generasi Milenial Ada yang Suka Kaset, Cihapit dan Jalan Dewi Sartika Tempat Kumpul Kolektor Kaset

Generasi Milenial Pun Ada yang Suka Kaset, Cihapit dan Jalan Dewi Sartika Jadi Tempat yang Dicari para kolektor kaset

Istimewa
Koleksi kaser milik Buldan Nurjamil yang mengoleksi ribuan kaset. 

KASET atau compact cassette adalah media penyimpan data yang umumnya berupa lagu. Tahun 1970-1990-an, tempat menyimpan data yang juga sering disebut pita kaset ini sangat populer. Banyak digunakan oleh pelaku industri musik untuk menjual produknya.

Sayangnya, kaset lambat laun mulai tergantikan oleh musik berformat digital seperti MP3. Sebelumnya juga kaset sempat goyang keberadaanya karena kehadiran compact disc (CD) yang kualitas suaranya lebih bagus.

Kaset mulai ditinggalkan saat memasuki milenial baru. Penikmat musik mulai beralih menggunakan data digital untuk menikmati musik yang bisa diunduh atau hanya sekadar didengarkan di internet. Penikmat musik mulai tidak beli kaset bahkan CD.

Kehadiran aplikasi seperti Soundcloud, You Tube, atau aplikasi berbasis smartphone, memudahkan para penggemar musik untuk menikmati karya musisi idola mereka. You tube, yang sebetulnya aplikasi video menjadi santapan para penggemar musik.

Tapi, tahu tidak, ternyata kaset masih ada yang setia menggunakannya. Tak hanya orang tua, generasi milenial juga ada yang mencari kaset.

"Generasi milenial juga ada yang tertarik sama kaset. Anak muda saat ini ada yang mengoleksi kaset," kata Budi, pengoleksi kaset sekaligus penjual beli kaset lewat WhatsApp, Selasa (31/3).

Budi yang tiap hari mangkal di belokan Jalan Dewi Sartika-Kautamaan Istri untuk berjualan kaset, hafal betul keingingan para generasi milenial. Menurutnya, generasi milenial sangat menyukai musik rock. "Mereka juga ada yang mencari kaset band indie lokal," kata Budi.

Menurut Budi, penggemar kaset datang dari segala usia. Banyaknya mereka adalah kolektor. "Intinya masih ada yang suka mengkoleksi rilisan kaset," kata Budi.

Kaset Guruh Gipsy Capai Harga Rp 500 Ribu Lho!

VIDEO: Kaset Tape Bekas di Cihapit Bandung Jadi Buruan Kolektor

Diwariskan ke Cucunya, Kaset Oding Dipasarkan Lewat Medsos

Jenis musik yang disukai para kolektor, kata Budi, bergantung selera, tetapi kebanyakan masih di sekitar musik rock.

Halaman
12
Editor: Januar Pribadi Hamel
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved