Siaga Bencana Hingga 31 Mei 2020, Pemkab Cirebon Pastikan Siap Menghadapinya

Pemkab Cirebon melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon telah mengeluarkan surat siaga bencana hingga 31 Mei 2020.

Siaga Bencana Hingga 31 Mei 2020, Pemkab Cirebon Pastikan Siap Menghadapinya
tribunjabar/ahmad imam baehaqi
Jajaran Polresta Cirebon dan BPBD Kabupaten Cirebon saat meninjau wilayah yang terendam banjir di Desa Babakanlosari, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, Senin (17/2/2020 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pemkab Cirebon melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Cirebon telah mengeluarkan surat siaga bencana hingga 31 Mei 2020.

Selain itu, BPBD juga mencatat ada 23 dari 40 kecamatan di Kabupaten Cirebon yang rawan bencana banjir, longsor, hingga gerakan tanah.

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Cirebon, Eman Sulaeman, memastikan Pemkab Cirebon siap menghadapi segala potensi bencana yang ada.

Dua Jalan Provinsi, Pameungpeuk-Garut dan Pangalengan-Cisewu Tertutup Longsor, Batu Besar Halangi

Longsor di dua jalan provinsi di wilayah Kabupaten Garut, Jalan Garut-Pameungpeuk dan Jalan Pangalengan-Cisewu, Senin (2/3/2020). (Foto: Istimewa)
Longsor di dua jalan provinsi di wilayah Kabupaten Garut, Jalan Garut-Pameungpeuk dan Jalan Pangalengan-Cisewu, Senin (2/3/2020). (Foto: Istimewa) (Kolase Tribun Jabar)

Menurut dia, instansi terkait dari unsur TNI dan Polri juga siap membantu manakala terjadi bencana di Kabupaten Cirebon.

"Posko-posko siaga juga sudah didirikan di setiap kecamatan yang dinilai rawan bencana," kata Eman Sulaeman saat ditemui di BPBD Kabupaten Cirebon, Jl Sunan Kalijaga, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (2/3/2020).

Ia mengatakan, Pemkab Cirebon juga sudah melakukan kontigensi dalam menghadapi banjir dan tanah longsor.

Janda Sepuh di Batujajar KBB Ini Hidup Sebatang Kara di Rumah Reyot, Tak Punya Dana Perbaiki Rumah

Pembagian tupoksi setiap satuan juga sudah ditentukan, khususnya dalam menghadapi dan mengevakuasi masyarakat ketika bencana datang.

Seluruh satuan itupun dipastikan sudah siap berjalan sesuai tugasnya masing-masing.

"Kami pastikan semuanya sudah siap menghadapi bencana," ujar Eman Sulaeman.

Pihaknya juga meminta bantuan masyarakat dalam mengantisipasi setiap potensi bencana.

Kabupaten Cirebon Siaga Bencana Hingga 31 Mei 2020, BPBD Minta Masyarakat Waspada

Sebab, kesiapan Pemkab Cirebon tidak akan maskimal jika dari masyarakatnya sendiri tidak membantu.

Upaya sederhana yang dapat dilakukan dalam mengantisipasi bencana ialah membuang sampah pada tempatnya dan tidak mendirikan bangunan di sempadan sungai.

"Intinya, tolong masyarakat juga tetap waspada dan membantu kami dengan menjaga wilayahnya masing-masing," kata Eman Sulaeman.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved