Jawa Barat Cetak Sejarah, Hat-trick Juara Umum Popnas

Kontingen Tim Jawa Barat sukses menjadi juara umum Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV/2019

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Ichsan
Tribunjabar/Syarif Abdussalam
Popnas Jabar 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kontingen Tim Jawa Barat sukses menjadi juara umum Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV/2019 yang berlangsung Sabtu (16/11/19) hingga Minggu (24/11) dengan torehan 37 emas, 34 perak, dan 28 perunggu.

Total 99 medali tersebut memenuhi target juara umum tahun ini sekaligus mempertahankan gelar juara umum yang dicapai Jabar pada Popnas sebelumnya di Kota Semarang pada 2017. Dengan pencapaian tahun ini, Jabar sekaligus mengukuhkan hat-trick atau tiga kali menang berturut-turut sebagai juara umum di Popnas sejak 2015.

Di Popnas XV/2019 ini, emas pertama Jabar disumbang cabang olahraga karate lewat pencapaian Yudha Fadillah Pratama di final nomor kata perorangan putra pada Minggu (17/11).

Sementara emas terakhir sekaligus penentu keunggulan bagi Kontingen Tim Jabar Juara didapat dari cabor dayung nomor canoeing K4 1.000 meter beregu putra pada Minggu (24/11).

Sudah Lima Tahun Sungai Tumpang di Kabupaten Cirebon Dipenuhi Sampah, Tak Ada yang Peduli

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jabar Engkus Sutisna mengatakan keberhasilan merengkuh juara umum Popnas 2019 merupakan buah semangat dan kerja keras kontingen yang terdiri dari 211 atlet, 36 pelatih, 13 medis, 13 penanggung jawab cabor, 21 pendukung, dan 39 ofisial.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para atlet yang berjuang di lapangan. Juga kepada para pelatih, penanggung jawab, pembina, serta teman-teman Dispora," kata Engkus melalui ponsel, Senin (25/11).

Melalui pencapaian di Popnas ke-15 kali ini, Engkus juga bangga karena Kontingen Tim Jabar berhasil mewujudkan visi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yakni Jabar Juara Lahir dan Batin.

"Terima kasih juga kepada Bapak Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Bapak Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum serta Bapak Penjabat Sekda Daud Achmad yang telah memberikan banyak dukungan. Alhamdulillah kami bisa berikan kontribusi bagi visi Pemerintah Daerah Provinsi Jabar yakni Jabar Juara Lahir Batin," katanya.

Persib Bandung Tak Mau Hasil Seri Lagi, Tren Kemenangan Terhenti, Kalahkan Bali United Demi Posisi 5

Rincian perolehan medali Kontingen Tim Jabar di POPNAS XV/2019 dari 11 cabor yakni renang (10 emas, 5 perak, 2 perunggu), pencak silat (9 emas, 3 perak, 3 perunggu), dayung (4 emas, 5 perak, 1 perunggu), bulu tangkis (3 emas, 1 perak, 2 perunggu), karate (3 emas, 1 perak, 4 perunggu), taekwondo (3 emas, 5 perak, 3 perunggu), atletik (2 emas, 4 perak, 2 perunggu), judo (1 emas, 1 perak, 4 perunggu), panahan (1 emas, 1 perak), tarung derajat (1 emas, 5 perak, 2 perunggu), dan angkat besi (3 perak, 5 perunggu).

Adapun Jabar tidak mendapat medali apa pun dari dua cabor lain yang dipertandingkan di POPNAS XV/2019 yakni sepak takraw dan bola voli pasir.

"Yang jelas, perolehan 37 emas ini sungguh luar biasa. Dua hari terakhir sebelum ditutup, kami ketinggalan dari DKI Jakarta. Kontingen ada yang putus asa, ada yang malah makin semangat. Dan di detik-detik terakhir, jumlah emas (Jabar dan DKI Jakarta) sempat sama yaitu 36 emas. Pada akhirnya cabor dayung berhasil menjadi penentu keunggulan," ujarnya.

Bagi para atlet Jabar di POPNAS XV/2019 yang belum berhasil menyumbang medali, Engkus mengatakan bahwa hal itu bukanlah menjadi akhir dari segalanya.

Kepada seluruh atlet muda andalan Jabar Engkus pun berpesan agar mereka terus berlatih keras sehingga bisa menjadi atlet yang berprestasi baik di tingkat provinsi, nasional, bahkan hingga internasional.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved