5 Hari Operasi Zebra Lodaya, Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas dan Korban Jiwa Menurun

‎Polisi mengklaim angka kecelakaan lalu lintas selama Operasi Zebra Lodaya yang berlangsung sejak 23 Oktober 2019 mengalami penurunan.

Tribun Jabar/Mega Nugraha
Polwan Ditlantas Polda Jabar membagikan helm gratis ke warga. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - ‎Polisi mengklaim angka kecelakaan lalu lintas selama Operasi Zebra Lodaya yang berlangsung sejak 23 Oktober 2019 mengalami penurunan.

Klaim tersebut diungkapkan Polda Jabar berdasarkan hasil perbandungan dengan ‎Operasi Zebra Lodaya 2018 hingga hari ke empat pelaksanaan operasi.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menerangkan, Operasi Zebra Lodaya 2019 sudah memasuki hari ke lima.

"Hari ke lima pelaksanaan operasi, ada 16 kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Jabar. Angka itu lebih kecil jika dibandingkan tahun lalu di hari ke lima pelaksanaan operasi, yakni 36 kasus," ujar dia di Bandung, Minggu (27/10/2019).

Operasi Zebra Lodaya di Garut, Jumlah Pelanggar Meningkat, Polisi Sita STNK Mobil Terindikasi Palsu

Sasaran Operasi Zebra Lodaya 2019, Pastikan Baca Ini Agar Terhindar dari Razia

SEDANG BERLANGSUNG LIVE STREAMING INDOSIAR TV ONLINE Kalteng Putra vs Persela Lamongan, Skor 2-0

Tidak hanya jumlah kecelakaan, jumlah warga yang jadi korban juga menurun, berbanding lurus dengan angka kecelakaan.

"Korban meninggal dunia sebanyak tujuh orang selama hari keempat ini. Dibandingkan 2018 ada sebanyak 20 orang, terjadi penurunan,"katanya.‎

‎Hanya saja, dilihat dari statitistik pelanggaran lalu lintas, justru meningkat dibanding tahun lalu di hitungan hari pelaksanaan yang sama di hari ke lima operasi, polisi lalu lintas sudah menindak 46,674 pelanggaran lalu lintas.

"Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 17% dibandingkan dengan penindakkan hari keempat tahun sebelumnya yang hanya 40.055 kali,"ujar Trunoyudo.

Fachrudin Kini Baru Rasakan El Classico, Debut Perkuat Persija Jakarta Lawan Persib Bandung

Pelatih Persija Jakarta Sebut Main di Bali Kejauhan, Tak Banyak Persiapan Lawan Persib Bandung

Pun demikian dengan tindakan polisi menilang pelanggar lalu lintas di tahun ini juga sama naiknya dibanding tahun lalu. Trunoyudo menyebutkan, tahun ini ada 35.319 surat tilang yang dikeluarkan.

"Sedangkan pada 2018 ada sebanyak 29.125 tilang dikeluarkan kepada pengendara lalulintas di wilayah Jabar," ujarnya.

Sementara itu, masih dalam rangkaian Operasi Zebra Lodaya, Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar membagikan helm standar, gratis dan pembagian stiker berisi imbauan aman berkendara. Pembagian helm gratis di sela gelaran Car Free Day Buah Batu.


Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved