Menanti Menteri Jokowi

Pada penyusunan Kabinet Kerja Jilid 1 (2014-2019), beberapa menteri mengaku baru ditelepon Jokowipada malam hari jelang pelantikan.

Menanti Menteri Jokowi
Tangkapan Layar Youtube Kompas TV.
Presiden terpilih Pilpres 2019 Joko Widodo saat menyampaikan pidato politik Visi Indonesia. 

BEBERAPA hari jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Presiden Joko Widodo menggungah gambar sederhana nan penuh makna di akun instagram officialnya, @Jokowi.

Gambarnya berupa foto kabel dan gagang telepon rumah menjuntai ke bawah. Di bawahnya ada tulisan 'Sabar Sebentar Lagi... "

Tak lupa, Jokowi juga menuliskan pernyataan tak terlalu panjang. Emotikon tertawa dibubuhkan saat mengomentari beredarnya bocoran nama-nama calon menteri yang beberapa hari ini beredar di media maupun sosial media.

Skenario Kapolri Tito Karnavian Sikat Kelompok yang Nekat Gagalkan Pelantikan Presiden Jokowi

"Saya telah menerima beberapa versi 'bocoran' nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Saya sendiri membacanya dengan antusias kalau-kalau itu benar adalah bocoran ," tulis Jokowi.

Pesan Jokowi berupa gambar telepon bukan sekedar candaan. Pada penyusunan Kabinet Kerja Jilid 1 (2014-2019), beberapa menteri mengaku baru ditelepon Jokowi atau orang kepercayaannya pada malam hari jelang pelantikan.

Beberapa diantaranya mengaku terkaget-kaget. Alih-alih membikin jas baru, berangan-angan menjadi menteri pun tidak ada. Sehingga, saat dilantik menjadi menteri, beberapa menteri terpaksa memakai jas lama.

Pengumuman menteri kabinet Jokowi-KH Ma'ruf Amin akan dilakukan beberapa jam setelah keduanya dilantik MPR-DPR pada hari Minggu, 20 Oktober 2019. Di akun instagram itupula, Jokowi mengaku sudah rampung menyusun nama-nama calon menterinya.

"Siapa-siapa yang akan membantu saya di pemerintahan nanti? Sabarlah. Indonesia ini tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini.

Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka" tulis Jokowi.

Profil Raja Mswati III, akan Hadiri Pelantikan Jokowi, Pimpin Negeri Indah di Afrika, Mirip Wakanda?

Rasa penasaran siapa saja pembantu Jokowi di Kabinet Kerja jilid II ini begitu menyeruak di masyarakat. Apalagi, beberapa hari terakhir, Jokowi melakukan pendekatan ke mantan musuh bebuyutannya di Pilpres 2014 dan 2019, yakni Prabowo Subianto.

Halaman
123
Penulis: Yulis Tribun Jabar
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved