DPRD Desak Rumah Sakit Lengkapi Dokter Spesialis, Inovasi Medis On Call Bisa Bantu Warga di Pelosok

DPRD Kabupaten Cianjur mendesak tiga rumah sakit di wilayahnya untuk segera melakukan pembenahan.

DPRD Desak Rumah Sakit Lengkapi Dokter Spesialis, Inovasi Medis On Call Bisa Bantu Warga di Pelosok
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Pertemuan Komisi D DPRD Kabupaten Cianjur dengan direksi tiga rumah sakit umum daerah (RSUD) di Cianjur. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - DPRD Kabupaten Cianjur mendesak tiga rumah sakit di wilayahnya untuk segera melakukan pembenahan.

Pembenahan tersebut di antaranya pengadaan dokter umum dan dokter spesialis di RSUD Pagelaran, pengadaan rumah singgah di RSUD Sayang untuk warga yang menunggu pasien dari Cianjur selatan serta pembenahan fasilitas lainnya.

Desakan tersebut tercetus saat Komisi D melakukan pertemuan dengan direksi dari tiga rumah sakit yakni RSUD Sayang Cianjur, RSUD Cimacan, dan RSUD Pagelaran.

Anggota Komisi D Susilawati mengatakan, pertemuan dengan tiga RSUD di Cianjur diperlukan mengingat banyak laporan dari masyarakat yang disampaikan kepada anggota dewan.

"Banyak laporan yang masuk kepada kami di antaranya mengenai kekurangan dokter di RSUD Pagelaran Cianjur selatan, seperti dokter spesialis yang kurang ini harus secepatnya diantisipasi untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Susi di kantor DPRD Kabupaten Cianjur, Jumat (11/10/2019).

Pemkab Majalengka Terus Benahi Sektor di Bidang Kesehatan

Adikarya Parlemen - Dadang Kurniawan: Jabar Butuh Lebih Banyak Rumah Sakit dan Sekolah

RSUD Majalengka Siap Mengemban Predikat SNARS, Sudah Verifikasi Kedua

Permasalahan lainnya, kata Susi, penunggu pasien dari wilayah selatan yang menumpuk di RSUD Sayang. Kalau dari PDIP, kata Susi, sudah menyediakan rumah singgah tapi terbatas kalau penunggu pasien sedang banyak-banyaknya.

"Kenapa tak jadi agenda ke depan pemerintah menyediakan rumah singgah di dekat rumah sakit untuk para penunggu pasien dari Cianjur selatan agar tak menumpuk di rumah sakit," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Susi memberikan saran agar pemerintah daerah di pelosok membentuk pelayanan kesehatan dokter on call atau mendatangi pasien.

"Di wilayah selatan masih ada warga yang jauh ke fasilitas kesehatan, bagaimana kala ada public service dokter datang ke rumah pasien dengan kebijakan inovasi memanfaatkan digital teknologi," kata Susi.

Plt Bupati Cianjur akan Beri Bantuan Rumah untuk Korban Bencana Longsor

Polres Cianjur Tingkatkan Patroli, Optimalkan Kang Bhabin untuk Mencapai Pelosok Desa

Ia mengatakan, tenaga medis di kecamatan atau puskesmas bisa menjadi tenaga medis yang difasilitasi call center.

"Mungkin tenaga dokter di puskesmas yang datang ke rumah yang bisa difasilitasi dengan teknologi digital saat ini, semua saya pikir bisa dilakukan, ini mungkin masukan yang positif untuk di daerah-daerah," katanya.(fam)

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved