SDM 4.0 Harus Dipersiapkan Sebelum Industri Tekstil Dipindahkan ke Segitiga Rebana

Ayi mengatakan, perkembangan teknologi saat ini yang digunakan oleh sektor industri juga membutuhkan SDM yang harus mampu mengikuti konsep 4.0.

SDM 4.0 Harus Dipersiapkan Sebelum Industri Tekstil Dipindahkan ke Segitiga Rebana
Tribun Jabar/Putri Puspita Nilawati
Ketua Ikatsi Jabar, Ayi Karyana saat ditemui di Mercure Nexa Bandung, Jalan Supratman No 66-68, Sabtu (14/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejak Februari 2019, kawasan Segitiga Rebana (Cirebon - Patimban - Kertajati) sudah diproyeksikan sebagai kawasan segitiga emas ekonomi Jawa Barat.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil pun pernah mengatakan jika Rebana akan menjadi kawasan paling futuristik di Jabar.

Bahkan Ia berencana memindahkan industri tekstil yang saat ini ada di daerah Bekasi dan Karawang menuju kawasan Segitiga Rebana.

UPDATE Ngeri ! Omid Mendapat 9 Jahitan Akibat Bus Persib Bandung Dilempar Batu, Ini Kata Rafi Ghani

Laptop Gaming Hanya Rp 10 Jutaan, Simak Spesifikasinya di Sini!

Jonatan Christie Ulang Tahun Hari Ini, Berikut Peristiwa Penting Lainnya di Tanggal 15 September

Guna menunjang kegiatan ekonomi di kawasan Rebana, Ridwan Kamil sudah mengajukan wilayah itu jadi Kasawan Ekonomi Khusus (KEK) industri.

Selain itu, Investor baru yang akan menanamkan modalnya untuk industri padat karya ini pun kemungkinan akan diarahkan ke kawasan tersebut.

Ditemui seusai pelantikan Ikatan Ahli Tekstil Seluruh Indonesia (Ikatsi) Jawa Barat, Ketua Ikatsi Jabar, Ayi Karyana mengatakan, pembangunan kawasan industri baru membutuhkan persiapan yang super matang

Tidak hanya dari segi daerahnya, tetapi sumber daya manusia (SDM) yang bisa bekerja di industri ini pun perlu diperhatikan.

"Untuk sektor garmen, industri ini butuh banyak SDM. Kalau nanti industri sudah dibangun tapi SDM-nya tidak ada, susah juga siapa yang mau memproduksi," ujar Ayi di Mercure Nexa Bandung, Jalan Supratman No 66-68, Sabtu (14/9/2019).

Ayi mengatakan, perkembangan teknologi saat ini yang digunakan oleh sektor industri juga membutuhkan SDM yang harus mampu mengikuti konsep 4.0.

Halaman
12
Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved