Pascakecelakaan Maut di Tol Cipularang, Mobil Truk Jadi Sasaran Polisi Untuk Diperiksa Kelaikannya

Truk yang melintas di jalan Tol Cipularang KM 121, Kabupaten Bandung Barat menjadi sasaran anggota Polres Cimahi dalam melaksanakan uji kelaikan

Pascakecelakaan Maut di Tol Cipularang, Mobil Truk Jadi Sasaran Polisi Untuk Diperiksa Kelaikannya
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Anggota Polres Cimahi saat melakukan ramp check di Tol Cipularang Kilometer 121, Rabu (4/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PADALARANG - Sejumlah kendaraan besar jenis truk yang melintas di jalan Tol Cipularang kilometer 121, Kabupaten Bandung Barat menjadi sasaran anggota Polres Cimahi dalam melaksanakan uji kelaikan kendaraan atau ramp check, Rabu (4/9/2019).

Ramp Check tersebut dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti kecelakaan beruntun di Tol Cipularang Kilometer 91, Kabupaten Purwakarta yang menyebabkan delapan orang meninggal dunia dan 21 mobil rusak parah akibat dump truk rem blong hingga terguling.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto, mengatakan, ramp check tersebut memang dilakukan pascakecelakaan tersebut dengan cara pihaknya memeriksa kelaikan mobil truk agar kejadian yang sama tidak terulang.

Dua Sopir Truk Jadi Tersangka, Bawa Beban Berlebih Hampir Tiga Kali Lipat, Imbasnya Sangat Fatal

Jalan Tol Cipularang Tergolong Mulus tapi Mengapa Sering Terjadi Kecelakaan Maut? Ini Kata Pakar

Lihat Kecelakaan Maut di Tol Cipularang, Aris: Mobil Terbang di Depan Saya

"Betul kegiatan ini merupakan tidak lanjut pascakecelakaan di Tol Cipularang kilometer 91 dan diharapkan pemilik kendaraan besar selalu mengecek kondisi kendaraannya," ujar AKP Suharto saat ditemui disela pelaksanaan ramp check.

Dalam kegiatan tersebut kendaraan yang tidak laik jalan seperti ban gundul, rem tidak berfungsi dengan baik dan melebihi kapasitas angkutan langsung diberikan tindakan tilang oleh aparat kepolisian.

Sebab, menurut Suharto hal tersebut bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas, apalagi kalau rem tidak berfungsi dengan baik, sehingga pihaknya bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat mengecek kondisi kendaraannya.

"Iya bisa saja itu terjadi menyebabkan kecelakaan, makanya, kendaraan yang tidak laik kami langsung melakukan tindakan berupa penilangan," ucapnya.

Dalam kegiatan ramp check ini, selain bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, polisi juga bekerjasama dengan Jasa Marga, tujuannya untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi di dalam jalan Tol.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved