Breaking News:

Opini

Generasi Millenial dan Peran Dakwah Ormas Islam

Hasil penelitian, ada 5 pendakwah yang banyak menjadi rujukan keislaman kaum milenial. Abdul Somad menjadi ustad paling banyak diikuti.

tribunjabar/isep heri
ILUSTRASI ---Sejumlah remaja tengah melakukan kajian keislaman di Taman Dadaha Kota Tasikmalaya, untuk mengisi waktu di hari pertama Ramadan, Kamis (17/5/2018) Siang. 

Generasi Millenial dan Peran Dakwah Ormas Islam

Oleh Dr Lusi Andriyani

Ketua Program Studi Ilmu Politik dan Anggota Tim Peneliti FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

Perkembangan kajian keislaman akhir-akhir ini semakin semarak, tidak hanya materi kajian yang berkembang, namun juga model dan pola penyajiannya yang semakin beraneka ragam.

Kemasan penyajian, materi kajian serta alat atau media yang digunakan memberi pengaruh pada akses generasi millenial yang mempunyai pola lebih pragmatis, cepat dan instan melalui narasumber yang mereka peroleh melalui media internet.

Robert Alberts Soal Performa Beckham Putra Saat Persib Bandung vs Perseru Badak Lampung

Hal ini memunculkan pertanyaan, bagaimana pandangan generasi millenial terhadap peran dakwah ormas islam?

Sehingga generasi millenial lebih memilih media internet sebagai acuan dan sumber kajian mereka dibandingkan dengan ustad yang berasal dari ormas islam seperti NU dan Muhammadiyah?

Generasi Millenial dan Minat Kajian Keislaman;

Generasi millenial disematkan bagi anak-anak yang lahir di era tahun 2000 dengan pola dan sikap yang lebih ekspresif, kreatif dan lebih menekankan sisi pragmatis atau simple dalam melihat permasalahan. Generasi ini lebih suka tantangan dan cepat menemukan hal baru yang mereka senangi alias cepat bosan.

Dengan karakter seperti diatas, maka sajian atau tontonan yang berupa informasi, hiburan maupun kajian keilmuan yang bersifat umum dan agama harus dinamis.

Halaman
1234
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved