Kondisi Terkini Kawah Ratu dan Gunung Tangkuban Parahu, Erupsi Masih Terus Terjadi

Erupsi masih terus terjadi di Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu sejak tiga pekan lalu.

Kondisi Terkini Kawah Ratu dan Gunung Tangkuban Parahu, Erupsi Masih Terus Terjadi
istimewa
Pengamatan visual Gunung Tangkuban Parahu, Minggu (25/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Erupsi Gunung Tangkuban Parahu sudah memasuki waktu tiga pekan lebih.

Hingga saat ini kondisinya belum menunjukkan perubahan yang signifikan dan statusnya masih tetap pada Level II atau Waspada.

Berdasarkan pengamatan visual Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pada Minggu (25/8/2019), Gunung Tangkuban Parahu masih erupsi menerus di Kawah Ratu dan mengeluarkan asap putih intensitas tebal dengan ketinggian 200 meter.

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api pada PVMBG Hendra Gunawan, mengatakan, selain mengeluarkan asap putih, erupsi di Kawah Ratu juga hingga saat ini masih mengeluarkan material abu vulkanik dengan tinggi kolom abu 15 meter dari dasar kawah.

"Kesimpulannya, aktifitas vulkanik (Gunung Tangkuban Parahu) masih tinggi dan sedang terjadi erupsi menerus," ujarnya kepada Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (25/8/2019).

Untuk kegempaan, Hendra menambahkan, sudah tiga pekan masih terjadi gempa tremor menerus dan terekam dari seismograf dengan amplitudo 15 hingga 40 milimeter dan dominan 20 milimeter.

"Visual Gunung Tangkuban Parahu pada pukul 06.13, mengeluarkan asap putih dari kawah dengan intensitas tebal. Jadi saat ini statusnya masih berada pada Level II Waspada," ucapnya.

Atas hal tersebut, masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu diimbau tetap waspasa dan tidak mendekati kawah dalam radius 1,5 kilometer dari kawah aktif, sehingga masih direkomendasikan untuk sementara ditutup.

"Masyarakat juga diharapkan tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Tangkuban Parahu dan diharapkan selalu mengikuti arahan BPBD setempat," kata Hendra Gunawan.

Gunung Tangkubanparahu Sudah Tiga Pekan Erupsi, SAR Pasundan Petakan Rawan Bencana di Subang

649 Warga Sukawana Terdampak Abu Vulkanik Gunung Tangkubanparahu, BPBD Bagikan 1.000 Masker

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved