Gunung Tangkuban Parahu Erupsi

Gunung Tangkubanparahu Erupsi dalam Dua Pekan Ini, Begini Kondisinya Sekarang

Gunung Tangkubanparahu hampir dua pekan ini masih terus mengalami erupsi dan masih terus mengeluarkan asap putih dari dasar Kawah Ratu.

Gunung Tangkubanparahu Erupsi dalam Dua Pekan Ini, Begini Kondisinya Sekarang
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi Kawah Ratu Gunung Tangkubanparahu, Senin (29/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Gunung Tangkubanparahu hampir dua pekan ini masih terus mengalami erupsi dan masih terus mengeluarkan asap putih dari dasar Kawah Ratu.

Berdasarkan pemantauan visual Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) hingga, Rabu (14/8/2019) tepatnya pada pagi hingga siang, Gunung Tangkubanparahu masih mengeluarkan asap dengan intensitas tebal dan tinggi mencapai 200 meter dari dasar kawah.

Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi pada PVMBG Hendra Gunawan, mengatakan, hingga saat ini Gunung Tangkubanparahu masih terjadi erupsi menerus dan menghasilkan material abu vulkanik dengan tinggi kolom abu mencapai 60 meter.

"Untuk kegempaan masih tremor menerus terekam dengan amplitudo 5 hingga 50 milimeter dominan 45 milimeter," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Rabu (14/8/2019).

Gunung Tangkubanparahu hasil pengamatan visual Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Rabu (14/8/2019).
Gunung Tangkubanparahu hasil pengamatan visual Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Rabu (14/8/2019). (Istimewa)

Artinya, jika melihat kondisi seperti itu, gunung yang berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang ini belum menujukan perubahan yang signifikan sejak terjadi erupsi dua pekan yang lalu.

Kisah Sang Pemantau Gunung Tangkubanparahu, Tidur Cuma 2 Jam, Keluarga Sering Bertanya Kapan Pulang

Aktivitas Vulkanik Gunung Tangkuban Parahu Masih Tinggi, Terus Terjadi Erupsi dan Gempa Tremor

Sepekan Ditutup, Gunung Tangkubanparahu Masih Erupsi Status Waspada, Tinggi Asap 200 Meter

Untuk itu, Taman Wisata Alam Gunung Tangkubanparahu hingga saat ini masih direkomendadikan untuk ditutup karena pengunjung dilarang mendekati kawah yang ada di puncak dalam radius 1,5 kilometer dari kawah aktif.

"Kawasan Taman Wisata Alam Tangkubanparahu direkomendasikan untuk sementara ditutup sampai jarak aman karena statusnya masih level II Waspada" kata Hendra.

LINK LIVE STREAMING INDOSIAR Persib Bandung Vs Borneo FC Lanjutan Liga 1 Pekan Ke 14 Bakal Seru

Heboh Video Mesum Tiga Pria Lawan Satu Wanita, Sebut Nama Garut Beredar via WhatsApp

Prediksi Line Up Persib Bandung vs Borneo FC, Indra Mustafa Gantikan Bojan, Matias Conti Kembali

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved