Sepekan Ditutup, Gunung Tangkubanparahu Masih Erupsi Status Waspada, Tinggi Asap 200 Meter

Gunung Tangkubanparahu hingga saat ini masih terus mengalami erupsi dan kondisinya belum ada perubahan yang sangat signifikan

Sepekan Ditutup, Gunung Tangkubanparahu Masih Erupsi Status Waspada, Tinggi Asap 200 Meter
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi Kawah Ratu Gunung Tangkubanparahu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Gunung Tangkubanparahu hingga saat ini masih terus mengalami erupsi dan kondisinya belum ada perubahan yang sangat signifikan, sehingga hampir satu pekan statusnya pun masih Level II Waspada.

Pantauan Tribun Jabar, Kamis (8/8/2019) akses menuju Kawah Ratu masih dipasang portal dan dijaga oleh petugas. Bahkan sejumlah petugas BPBD Kabupaten Bandung Barat hingga kini masih siaga di Pos Pemantauan Gunungapi Tangkubanparahu.

Ketua Tim Pascabencana Gunung Tangkubanparahu, Kristianto, mengatakan, berdasarkan pemantauan visual, hingga kini kondisi Gunung Tangkubanparahu masih didominasi gempa tremor.

"Berarti itu terindikasi masih terjadi erupsi yang menurus dan melalui CCTV kita bisa melihat masih ada hembusan dengan ketinggian asap 100 hingga 200 meter dari dasar kawah," ujarnya saat ditemui di Pos Pemantauan Gunungapi Tangkubanparahu, Kamis (8/8/2019).

Pemeran Denok di Tukang Ojek Pengkolan Hamil, Benarkah Tika Bravani Juga Sedang Hamil?

Berdasarkan data dari Pos Pemantauan Gunungapi, saat ini terekam gempa tremor dengan amplitudo 30 hingga 50 milimeter dominan 50 milimeter dan rekomendasi jarak aman tetap dengan radius 1,5 kilometer.

"Berdasarkan yang kami lihat hembusan abu vukanik masih didominasi ada di sekitar kawah saja, namun karena ada arah dan kecepatan angin bisa saja kemana-mana," katanya.

Namun pihaknya memastikan abu vulkanik yang menyebar itu dipastikan tidak berbahaya, begitupun dengan asap yang muncul, asalkan masyarakat tetap harus melakukan antisipasi dengan cara menggunakan masker.

"Saat ini statusnya masih waspada belum ada penurunan, karena kondisinya masih fluktuatif, sehingga rekomendasi jarak aman dari kami tetap 1,5 kilometer," ucapnya.

Prediksi Line Up Persib Bandung di Markas Persela Lamongan, Rene Mihelic- Artur Gevorkyan Absen Lagi

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved