Pembangunan Kampus ITB di Arjawinangun Tertunda, Pemkab Cirebon Sebut ITB Belum Selesaikan Amdal

DPKPP Kabupaten Cirebon, menjelaskan, pihak Institut Teknologi Bandung (ITB), belum menyelesaikan prosedur terkait Amdal

Pembangunan Kampus ITB di Arjawinangun Tertunda, Pemkab Cirebon Sebut ITB Belum Selesaikan Amdal
Tribun Jabar/Yongky Yulius
Ilustrasi: Kampus ITB, Kamis (9/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Cirebon, menjelaskan, pihak Institut Teknologi Bandung (ITB), belum menyelesaikan prosedur terkait Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ( Amdal) untuk proyek pembangunan kampus ITB di Kecamatan Arjawinangun.

Kepala DPKPP Kabupaten Cirebon, Sukma Nugraha, mengatakan, pihaknya belum bisa menandatangani siteplan pembangunan kampus ITB di Kabupaten Cirebon.

"Pihak ITB harus menempuh secara prosedural. Kami tidak menandatangani, karena itu adalah kejahatan tata ruang, sampai sekarang pihak ITB belum koordinasi kembali," kata Sukma di Kantor DPKPP Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Ampel, Kecamatan Sumber, Senin (12/8/2019).

Pembangunan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di Kabupaten Cirebon kembali mengalami keterlambatan.

Penjabat Bupati Cirebon Targetkan Pembangunan Kampus ITB di Cirebon Dimulai Bulan Depan

Arkavidia 5.0 di Kampus ITB, Kenalkan Startup Indonesia, Pengunjung Bisa Kenali Teknologi Terbaru

Pihak dari perguruan tinggi menyebutkan akan memulai pembangunan pada Agustus 2019.

Sebelumnya, awal pembangunan kampus tersebut akan dilakukan pada April 2019 di sekitar perbatasan Kecamatan Palimanan dan Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon.

Rektor ITB, Kadarsyah Suryadi, mengatakan, posisi ITB bisa dilakukan pembangunan, lantaran masih terbentur dengan izin analisa mengenai dampak lingkungan ( Amdal), meskipun semua dokumen telah dilengkapi.

"Tinggal diajukan ke dinas terkait untuk diperiksa dan disahkan. Bulan Agustus 2019 harua dilakukan agar kegiatan awal teknis sudah bisa dimulai dan menandai pembangunan secara keseluruhan fisik kampus ITB sesuai rencana," katanya beberapa waktu lalu di Kantor Bupati Cirebon, (22/7/2019).

Alasan Pembangunan Stadion Watubelah Terhenti, Pembangunannya Dimulai 2011

Pembangunan Stadion Watubelah Akan Kembali Dilanjutkan

Pihak ITB pun, pada saat menemui langsung Plt Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, untuk menyampaikan kendala yang dihadapi oleh pihaknya dalam pembangunan tersebut.

Ia mengatakan, dalam pembahasan dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon, pihaknya pun membahas kebijakan umum lainyya terkait pembangunan kampus ITB di Kabupaten Cirebon.

"Tinggal diajukan ke dinas untuk disahkan, kami pun emiliki komitmen tinggi terkait kelancaran pembangunan salah satu kampus perguruan tinggi teknik terbaik di tanah air tersebut," katanya.

BREAKING NEWS Seorang Jagal Panitia Kurban di Cimahi Meninggal Dunia, Jatuh di Atas Leher Sapi

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved