Aher Larang Semua Orang Merokok di Lingkungan Sekolah

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melarang siapapun, baik pelajar, guru, atau kepala sekolah, merokok di lingkungan . . .

TRIBUN JABAR/M SYARIF ABDUSSALAM
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang akrab disapa Aher ini dalam sambutannya di kegiatan halalbihalal bersama kepala SMA, SMK, MA, dan SLB, se-Bandung Raya, di SMAN 8 Bandung, Rabu (5/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melarang siapapun, baik pelajar, guru, atau kepala sekolah, merokok di lingkungan sekolah, terutama di SMA dan SMK yang kini di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Gubernur pun mengimbau siapapun yang sebelumnya terbiasa merokok di sekolah, untuk segera menggantinya dengan kebiasaan menikmati kopi asli Jawa Barat.

"Daripada ngeroko, mending ngopi. Rokok itu penyebab nomor satu kematian. Tapi kalau kopi, kopi asli, kalau diminum dalam jangka panjang akan mencegah kanker dan mencegah alzheimer atau kepikunan. Ingat, kopinya harus asli yang digiling, bukan yang digunting," kata Gubernur yang akrab disapa Aher ini dalam sambutannya di kegiatan halalbihalal bersama kepala SMA, SMK, MA, dan SLB, se-Bandung Raya, di SMAN 8 Bandung, Rabu (5/7).

Aher pun mengingatkan untuk mengonsumsi kopi asli yang digiling segar dari bijinya, bukan kopi kemasan yang sudah mengandung terlalu banyak bahan campuran. Diimbau juga para pelajar dan guru ini untuk meminum kopi tanpa gula, supaya terhindar dari sejumlah penyakit akibat terlalu banyak mengonsumsi gula.

"Silakan di sekolah sediakan kopi setiap hari, gantikan kebiasaan merokok. Tapi ingat, kopi asli Jawa Barat, yang tidak digunting, tapi digiling. Kalau mau merokok, di luar lingkungan sekolah saja. Karena sekolah adalah lingkungan terbebas dari rokok," ujarnya.

Kampanye minum kopi di berbagai lapisan, termasuk sekolah ini, kata Aher merupakan upaya menyejahterakan para petani kopi di Jawa Barat, selain untuk membentuk masyarakat yang sehat melalui gemar meminum kopi asli tanpa gula. Selama ini, kopi asli Jawa Barat sangat digemari masyarakat dunia dan menjadi juara sejumlah kontes kopi terbaik dunia. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved