Cara Mudah dan Sederhana Deteksi Perkembangan Anak

Biasanya orangtua kesulitan untuk mengetahui tumbuh kembang anaknya. Bahkan ketika sang anak mengalami kejanggalan dalam perkembangan

BANDUNG, TRIBUN - Biasanya orangtua kesulitan untuk mengetahui tumbuh kembang anaknya. Bahkan ketika sang anak mengalami kejanggalan dalam perkembangannya, orangtua menganggapnya sebagai keterlambatan perkembangan. Padahal bisa saja sang anak mengalami permasalahan dalam tumbuh kembangnya.

Melihat hal ini, para tenaga ahli mulai dari dokter, terapis dan psikologi dari Yayasan SuryaKanti membuat suatu alat atau metode yang mudah dan sederhana untuk mengetahui tumbuh kembang anak. Dengan tahapan-tahapan usia serta prilaku yang seharusnya sudah bisa dilakukan oleh anak, metode ini bisa mendeteksi dini perkembangan anak.

"Dari alat ini, tidak harus cepat-cepat ke dokter atau meminta dokter untuk mengobservasi apakah anaknya mengalami kelainan dalam tumbuh kembangnya. Cukup dilihat apakah anak-anaknya sudah berkembang sesuai usianya dengan mencocokan pada alat ini," kata Direktur Medic Yayasan SuryaKanti, Dr Yulia Suherlina di  Pusat Pengembangan Potensi Anak (PUSPPA) Yayasan SuryaKanti Jalan Terusan Cimuncang, Senin (26/2).

Bila ada perkembangan yang tidak sesuai seperti pada usia tertentu anak sudah bisa berjalan namun ternyata anaknya belum bisa berjalan, maka perlu tindak lanjut dengan cara pemeriksaan kepada dokter yang khusus menangani tumbuh kembang anak.

"Alat ini juga disertai gambar agar mudah dipahami oleh ibu-ibu atau orangtua yang tinggal di pelosok sekalipun. Karena kemungkinan masih ada yang tidak bisa memahami tulisan atau tidak bisa membaca," katanya. (*)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Darajat Arianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved