Debat Capres 2019

Debat Soal Kesejahteraan Wanita dan Keluarga, Jokowi Sebut Program Mekaar dan UMi

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyebut program Mekaar dan UMi yang dijalankan sejak dua tahun lalu telah membantu pendapatan wanita di kelu

Debat Soal Kesejahteraan Wanita dan Keluarga, Jokowi Sebut Program Mekaar dan UMi
Kompas TV
Jokowi dan Ma'ruf Amin saat debat pilpres 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyebut program Mekaar dan UMi yang dijalankan sejak dua tahun lalu telah membantu pendapatan wanita di keluarganya.

Program Mekaar adalah pinjaman bagi ibu-ibu yang berdagang baik asongan, bakso, mie ayam, maupun usaha rumah tangga yang diberikan pinjaman Rp 2 juta sampai Rp 10 juta.

"Program Mekar dan UMi mampu meningkatkan pendapatan keluarga. Program Mekaar adalah pinjaman Bagi ibu-ibu yang bedagang baik asongan, bakso, mie ayam, maupun usaha rumah tangga yang diberikan pinjaman hingga 2 sampai 10 juta. Apabila lebih dari 10 juta kami larikan kurs sampai 7 persen. Saat ini sudah 4,2 nasabah," kata Jokowi dalam debat capres, Sabtu (13/4/2019).

Adu Gagasan Soal Negara Maritim & Agraris yang Maju, Prabowo ke Jokowi: Saya Tidak Menyalahkan Bapak

Debat Capres 2019, Sandiaga: Pentumbuhan Ekonomi 5 Persen Dikeluhkan Ibu Nurjanna, Belum Dirasakan

Debat Pilpres 2019
Debat Pilpres 2019 (Kompas TV)

Berkaitan dengan UMi, Jokowi menyebut telah memiliki 1,1 juta nasabah.

"Kemudian yg kedua yang berkaitan dengan UMI yang sedang kita kerjakan 1,5 tahun ini juga telah 1,1 juta nasabah," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, bila program ini sudah benar, maka akan dibesarkan sebesar-besarnya sehingga wanita Indonesia mampu menberikan pendapatan tambahan bagi keluarganya.

"Apabila ini sudah kita koreksi benar akan kita besarkan sehingga wanita Indonesia produktif dan bisa memberikan income tambahan bagi keluarga," papar Jokowi.

"Usaha mikro di pesantren juga hampir 90 persen nasabahnya adalah wanita. Kami meyakinin ini bisa memberikan ekonomi keluarga," lanjut dia. (Kompas.com/Fika Nurul Ulya)

Istilah Dedi dan Dewi Muncul di Debat Capres, Disebutkan Maruf Amin, Jokowi pun Sempat Tertawa

Sama-sama Kampanye di GBK, Ini Perbedaan Jokowi dan Prabowo Subianto

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved