Ini Penyebab Benteng Rumah yang Longsor di Cimahi Menurut BPBD

BPBD Kota Cimahi melakukan peninjauan ke lokasi empat rumah di Kampung Cisangkan Kelurahan Padasuka, Cimahi Tengah, Kota Cimahi

Ini Penyebab Benteng Rumah yang Longsor di Cimahi Menurut BPBD
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Empat rumah yang terdampak longsor. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi melakukan peninjauan ke lokasi empat rumah di Kampung Cisangkan Hilir, RT 5/8, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi yang terancam ambruk akibat benteng di belakang rumahnya mengalami longsor.

Di lokasi kejadian, BPBD Kota Cimahi langsung melakukan assessment kaji cepat, kemudian berkoordinasi dengan RT RW setempat, Lurah Padasuka dan pemilik keempat rumah tersebut.

Kepala BPBD Kota Cimahi, Dani Bastiani, mengatakan, berdasarkan hasil assesment dan kaji cepat penyebab longsor benteng rumah tersebut akibat luapan air selokan yang merembes ke dalam rumah saat hujan deras melanda Kota Cimahi.

"Dampaknya 4 unit rumah, bagian belakang longsor dengan luas area terdampak 30 meter persegi. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (14/1/2019).

Atas hal tersebut, pihaknya bersama warga setempat langsung membersihkan puing-puing bangunan karena masuk ke pinggir rel kereta api Padasuka.

Sementara Warso (64) salah seorang pemilik rumah berharap benteng rumah yang longsor hingga menyebabkan rumahnya hampir ambruk itu bisa segera diperbaiki.

"Kalau tidak segera diperbaiki sangat berbahaya rumah saya bisa ambruk. Sekarang yang ambruk beruntung hanya bagian dapur sedikit," katanya.

Setelah kejadian tersebut, Warso mengaku akan merasa was-was apabila hujan deras terus melanda Kota Cimahi karena rumahnya ditakutkan ambruk.

"Pasti was-was karena kan rumah bagian belakang sudah tidak ada pondasinya (benteng) jadi takut ambruk kalau hujan deras lagi," ucap Warso.

Menhub Tidak Setuju DP 0 Persen untuk Kredit Mobil dan Motor, Ini Alasannya

Empat Rumah di Cimahi Terancam Ambruk Akibat Bagian Belakang Rumah Tergerus Longsor

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved