Protokol Blockchain Sudah Berkembang di Jepang, Begini Klaim Keunggulannya

Blockchain merupakan platform teknologi baru di dunia internet, dan diklaim mampu mengatasi beberapa permasalahan di dunia internet saat ini.

Protokol Blockchain Sudah Berkembang di Jepang, Begini Klaim Keunggulannya
Tribun Jabar/ Resi Siti Jubaedah
Chaintope merupakan perusahaan yang bergerak pada protokol blockchain yang berada di Iizuka, Jepang, menjalin kerja sama dengan Pusat Microelektronika ITB, pada Senin (19/11/2018), di Jalan Ganesha No.10, Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Resi Siti Jubaedah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebuah perusahaan di Iizuka, Jepang, yaitu Chaintope, tengah mengembangkan protokol blockchain, sebagai sebuah platform internet.

CEO Chaintope, Hideki Shoda, mengklaim bahwa Blockchain merupakan platform teknologi baru di dunia internet, serta mampu mengatasi beberapa permasalahan di dunia internet saat ini, seperti pencegahan data yang rentan terkena hacker, serta penjaringan informasi.

Tak hanya itu, blockchain di Jepang sudah mulai digunakan pada bidang payment di satu dari beberapa supermarket di Jepang.


"Kemudian untuk elektrocity, untuk distribusi dari elektrocity tersebut, kami juga sudah mendevelop teknologi untuk membantu pengembangannya," ujar Hideki Shoda, saat ditemui Tribun Jabar, Senin (19/11/2018), di Jalan Ganesha No.10, Bandung.

Blockchain merupakan protokol atau platform yang dapat digunakan pada berbagai macam aplikasi.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat menggunakan blockchain untuk transaksi listrik, deteksi kehalalan produk, hingga transaksi tanpa uang di kampus.

Kamu Tahu Tayo? Rupanya Betul-betul Ada di Indonesia dan Bisa Dinaiki, di Sini Lokasinya

Dengan menggunakan sistem yang sekarang tidak cukup, terutama permasalahan keamanan.

Sehingga, Hideki Shoda mengklaim bahwa protokol ini lebih aman dan bisa dilakukan lebih cepat, dari segi kepentingannya.

Tak hanya itu, keunggulan protokol blockchain diantaranya dapat mengurangi biaya pada sistem pembayaran, mencegah kesalahan manusia, penghitungan cepat dari sisi manajemen, pembayaran dapat dilakukam melalui smartphone saja (tidak perlu kartu kredit), dan masih banyak keunggulan lainnya.

Ini Dia Sedotan Ramah Lingkungan Berbahan Bambu yang Sudah Disosialisasikan di Jatinangor

Penulis: Resi Siti Jubaedah
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved