Tribun Health

Tak Banyak yang Tahu, Gendong Bayi di Sisi Kiri Ada Manfaatnya Lho

Dalam pengamatan itu, tim peneliti melihat bahwa mamalia yang berbeda. . .

Tak Banyak yang Tahu, Gendong Bayi di Sisi Kiri Ada Manfaatnya Lho
Ilustrasi 

TRIBUNJABAR.CO.ID - Ibu, tahukah Anda bahwa menggendong bayi di posisi tertentu bisa mendekatkan hubungan emosi dengan si buah hati?

Sebuah temuan yang dilakukan oleh ilmuwan Rusia, Dr Andrey Giljov, membuktikan bahwa menggendong bayi di sebelah kiri dapat menciptakan kedekatan hubungan secara alami.

Temuan Giljov ini menindaklanjuti penelitian pada 1990 yang menunjukkan bahwa 85 persen wanita dan primata betina secara alami akan menggendong bayinya di sebelah kiri.

Giljov dan koleganya sudah lama penasaran apakah hal yang sama juga terjadi pada mamalia lain. Jika iya, artinya perilaku tersebut hal yang dilakukan sejak lama untuk membangun ikatan pada makhluk hidup.

Dipublikasikan dalam Biology Letters, mereka mencari jawaban dengan mengamati 73 walrus - mamalia laut yang tersebar di Samudera Pasifik dan 266 rubah terbang (kelelawar buah, kalong) di India.

Dalam pengamatan itu, tim peneliti melihat bahwa mamalia yang berbeda jauh dari manusia dan primata juga dua kali lipat lebih sering menggendong anaknya di sisi sebelah kiri.

"Pengamatan kami menunjukkan bahwa cara menggendong di sisi sebelah kiri tidak hanya terjadi pada manusia dan primata, tapi juga mamalia yang berbeda," kata Giljov dikutip dari Telegraph, Rabu (10/1/2018).

Perilaku ini bukan tanpa alasan. Giljov berkata bahwa hal ini berkaitan erat dengan cara otak merespons lingkungannya.

Saat ibu memeluk bayinya di sebelah kiri, ibu akan lebih mudah menatap bayinya untuk memudahkan merespons bayi saat menangis atau tertawa.

Dalam posisi itu, otak sebelah kanan akan mengingat dan menangkap emosi yang diberikan ibu dan belajar mengenali wajah orang lain.

"Otak sebelah kanan mengontrol banyak aspek yang berkaitan dengan perilaku sosial. Saat banyak informasi masuk ke otak kanan, maka pengolahan informasi sosialnya lebih optimal," katanya dilansir dari Guardian, Rabu (10/1/2018).

Para ahli juga percaya, saat bayi digendong di sebelah kiri maka kepala mereka akan lebih dekat dengan hati ibu. Hal ini secara alami membantu menenangkan anak yang mengingatkan mereka pada suara saat masih di dalam rahim.

Perilaku yang sama juga terjadi pada wanita kidal, walaupun mereka mengaku lebih suka menggendong di sebelah kiri karena tangan kiri mereka lebih kuat.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help