Lebihi Target Kemenpar, 11,8 Persen Lulusan STP Bandung Sudah Berwirausaha

gaji seorang pekerja di industri pariwisata hanya Rp 1,2 miliar per tahun, sementara remunerasi atau gaji seorang pekerja Total Annual Net Income 3 M

Lebihi Target Kemenpar, 11,8 Persen Lulusan STP Bandung Sudah Berwirausaha
Siti Fatimah
WISUDA STP - Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Mari Elka Pangestu saat memberikan sambutan pada acara Wisuda Lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Sabtu (9/6/2012) di Kampus STP bandung Jalan Setiabudhi.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyatakan remunerasi
pekerja di industri pariwisata masih kalah dengan beberapa industri lainnya. Untuk itu, pihaknya ingin mereka yang bekerja di industri ini juga dapat mengembangka diri menjadi wirausahawan atau entrepreneur. Kementrian Pariwisata akan berupaya menjembatani peroleha kredit dari perbankan bagi merekea yang serius ingin berwirausaha.

Dicontohkan gaji seorang pekerja di industri pariwisata hanya Rp 1,2 miliar per tahun, sementara remunerasi atau gaji seorang pekerja TANI (Total Annual) Net Income Rp 3 miliar. Seorang CEO Telco minimal Rp 6 miliar per tahun. Untuk gaji seorang CEO dari luar sekitar Rp 3 miliar per tahun.

"Untuk mengejar secara profesional, untuk mendapatkan gaji seperti industri lain, susah. Saya ingin gaji pekerja di industri ini lebih tinggi, gimana caranya? Yah dengan menjadi wirausahawan," kata Arief usai menghadiri Wisuda Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung di Kampus STP Jalan Setiabudhi, Kamis (21/4).

Untuk itu, pihaknya ingin bekerjasama dengan pihak lain seperti SBM ITB agar calon-calon lulusan sekolah pariwisata bisa berbagi ilmu tentang dunia usaha. Sehingga begitu lulus sudah siap menjadi seorang entrepreneur juga selain sebagai pekerja di industri pariwisata. "Kami akan lindungi lulusan sekarang yang akan ambil kredit. Kemenpar yang akan bilang ke perbankan, OJK, atau pihak terkait," katanya.

Pihaknya menyambut positif lulusan STP Bandung 11,8% sudah berwirausaha. Jumlah tersebut melebihi target Kemenpar yakni 10 persen. Untuk lulusan pariwisata, diakuinya 40 persen memilih bekerja di luar meski di dalam negeri masih membutuhkan. "Saya pernah dikritik soal ini, tapi tidak apa-apa. Dengan gaji 1.000 US Dolar, itu baik untuk kesejahteraan mereka. Nantinya mereka juga kembali dan sudah menjadi manajer dan sebagainya," katanya.

Terkait kunjungan wisman, hingga akhir Desember 2015, diproyeksikan kunjungan wisman akan mencapai 10,017 juta wisman dan menyumbang devisa sebesar 11,9 miliar dolar Amerika, atau setara dengan Rp 163 triliun. Pencapaian Kemenpar dengan dengan memberikan kontribusi pariwisata terhadap perekonomian (PBD) nasional sebesar 4,23% dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 12,16 juta tenaga kerja. (tif)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help