Ridwan Kamil Resmikan Pusat Distribusi Provinsi di Purwakarta, Berharap Harga Pangan Terjangkau

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Pusat Distribusi Provinsi di Jalan Raya Purwakarta - Subang Km 14, Desa Cilandak, Cibatu, Purwakarta

Penulis: Deanza Falevi | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/DEANZA PAHLEVI
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil seusai meresmikan Pusat Distribusi Provinsi (PDP) yang berada di Jalan Raya Purwakarta - Subang Km 14, Kampung Cisantri, Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta pada Rabu (25/1/2023) 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Deanza Falevi

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan Pusat Distribusi Provinsi (PDP) yang terletak di Jalan Raya Purwakarta - Subang Km 14, Kampung Cisantri, Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta pada Rabu (25/1/2023) sore.

Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut mengklaim bahwa PDP yang berada di Kabupaten Purwakarta tersebut menjadi yang pertama ada di Indonesia.

Kang Emil mengatakan, pusat distribusi tersebut, diharakpan bisa menjadi bagian dari strategi untuk mengendalikan ketersediaan dan harga bahan pangan hingga inflasi di wilayah tatar Pasundan.

"Alhamdulillah hari ini Jawa Barat, dan yang pertama di Indonesia punya Pusat Distribusi Provinsi (PDP). Nanti semua pangan yang jadi kebutuhan warga atau cadangannya akan disimpan disini," ucap Kang Emil kepada wartawan usai peresmian PDP di Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Rabu (25/1/2023).

Menurutnya, PDP akan memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Barat bila lahan 6 hektare yang ditempati bisa dimanfaatkan dengan baik.

Baca juga: Pusat Distribusi Provinsi Jawa Barat Segera Diresmikan Awal 2023, Bantu Jaga Harga Kebutuhan Pokok

"Saat ini baru digunakan sekitar 10 persennya. Kedepan, semua jenis kebutuhan pokok dikumpulkan di tempat ini," ucapnya.

Dirinya mengatakan, tujuan utama pembangunan PDP adalah memenuhi kebutuhan bahan atau pangan di Jawa Barat. Sehingga, masyarakat tak perlu lagi merasakan kenaikan harga yang signifikan.

"Tujuan utamanya lebih untuk menjaga stabilisasi harga pangan sehingga di Jawa Barat tidak ada kenaikan-kenaikan harga yang meresahkan ibu-ibu seperti yang terjadi selama ini," ujarnya.

Adapun alasan dibangunnya PDP di Kabupaten Purwakarta, Kang Emil menjelaskan, Kabupaten Purwakarta merupakan wilayah yang strategis.

"Kenapa memilih Kabupaten Purwakarta, karena secara geografis ruas jalan tol paling banyak melintasi Purwakarta. Jadi ke arah Bandung gampang, ke arah Cirebon juga gampang, ke arah Jakarta juga gampang," kata Kang Emil.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, PDP diharapkan bisa membuat harga bahan pangan bisa selalu terjangkau.

Baca juga: Food Estate dari Pemerintah Diyakini Jadi Akan Menguatkan Ketahanan Pangan Nasional

"Semoga dengan hadirnya PDP ini juga akan menjamin ketersediaan bahan pokok dan pangan masyarakat yang memang tidak bisa terpenuhi karena produksi di Purwakarta yang masih belum cukup," ucap perempuan yang saat ini dikenal dengan Neng Anne.

Neng Anne mencontohkan, seperti komoditas bawang merah bawang dan putih, ayam potong serta telur yang selama ini selalu terbatas ketersediaannya di Purwakarta, karena tergantung dari distribusi wilayah lain.

"Kalau lancar Alhamdulillah, kalau tidak nanti gejolak harga akan terjadi seperti beberapa momen Lebaran atau nataru, tetapi dengan adanya PDP mudah-mudahan nanti akan stabil. Yang jelas ini harus punya manfaat juga buat warga Purwakarta," katanya. (*)

Silakan baca berita Tribunjabar.id terbaru lainnya, klik di GoogleNews

 

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved