Gempa Bumi di Garut

Posko Darurat Gempa Didirikan di Semua Kantor Kecamatan dan Desa, Bupati Garut: Masyarakat Ketakutan

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan tidak ada korban jiwa dalam gempa Garut magnitudo 6,4 tersebut, pihaknya saat ini tengah melakukan pendataan

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/ Sidqi Al Ghifari
Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan tidak ada korban jiwa dalam gempa Garut magnitudo 6,4 pada Sabtu (3/12/2022), pihaknya saat ini tengah melakukan pendataan khususnya di wilayah selatan Kabupaten Garut. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Gempa bumi magnitudo 6,4 yang mengguncang wilayah selatan Kabupaten Garut sempat membuat warga panik.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, pihaknya saat ini tengah melakukan pendataan khususnya di wilayah selatan Kabupaten Garut.

"Dari laporan dari para camat dan kepala desa khususnya wilayah selatan yang dekat dengan laut alhamdulillah tidak ada korban jiwa," kata Rudy melalui siaran tertulis resmi yang diterima Tribunjabar.id.

Dampak dari gempa bumi di Garut tersebut menurutnya beberapa rumah mengalami keretakan dan beberapa sekolah mengalami kerusakan.

Tim asesmen di lapangan saat ini tengah mendata jumlah kerusakan ringan maupun berat yang diakibatkan gempa bumi yang berpusat di barat daya Kabupaten Garut itu.

Baca juga: Warga Resah, Video Gempa Cianjur Diedit Seolah-olah Kerusakan Akibat Gempa Garut Beredar di Medsos

"Di beberapa wilayah sudah berdiri pos-pos yang bisa digunakan dalam keadaan darurat, seperti sekolah maupun tempat ibadah, hal tersebut sudah dibuat dalam sistem mitigasi bencana desa," ucap Rudy.

Rudy menuturkan gempa bumi yang terjadi di wilayah Kabupaten Garut membuat pihaknya khawatir, terutama kekhawatiran gempa susulan terjadi.

Ia menjelaskan saat ini seluruh kantor kecamatan dan kantor desa juga telah membuka posko darurat.

"Satpol PP dari Garut (kota) juga dialihkan ke Garut bagian selatan, kami tetap waspada dan masyarakat memang saat ini ketakutannya luar biasa, takut gempa susulan," ujar Rudy.

Kondisi ketakutan tersebut menurutnya juga diperparah dengan adanya informasi-informasi hoaks setelah gempa yang terjadi di Garut.

Di media sosial misalnya, terdapat akun-akun yang menyebar dampak kerusakan gempa Cianjur yang kemudian disebutkan terjadi di Kabupaten Garut.

Baca juga: Beredar Video Kerusakan Parah akibat Gempa Garut, Bupati: Jangan Termakan Informasi Hoaks

"Kami himbau masyarakat untuk tidak terpengaruh berita hoaks yang saat ini beredar. Nanti kita akan update, ikuti saja Diskominfo Garut," kata Bupati. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved