World Rabies Day

Selama Tahun 2022 Ini Ada Sembilan Kasus Gigitan Kucing di Ciamis

Seorang ibu dari Lingkungan Kelapa Jajar malah membawa seekor monyet seekor monyet yang kelihatannya sudah sangat jinak

Tribun Jabar/Andri M Dani
Sejumlah warga penggemar hewan peliharaan mendatangi Klinik Hewan Disnakan Ciamis, Jumat (30/9/2022). Hewan-hewan kesayangan mereka mendapatkan vaksin rabies gratis dalam rangka World Rabies Day. 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Dalam rangka memperingati Hari Rabies Se Dunia (World Rabies Day) Jumat (30/9/2022), Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis menggelar vaksinasi gratis bagi hewan peliharaan. Tidak hanya anjing, tetapi juga kucing, kera (monyet), hingga musang.

Warga pun, terutama para penggemar hewan peliharaan, antusias merespon layanan gratis tersebut. Sejak pagi sampai batas akhir pukul 15.00 sore, para penggemar hewan peliharaan datang silih berganti ke Disanakan di Jalan Yos Sudarso Ciamis tersebut. Untuk mendapatkan layanan vaksin rabies gratis bagi hewan kesayangan mereka.

Ada yang datang membawa anjing peliharaan, dan yang paling banyak membawa kucing kesayangan.

“Saya bawa tiga ekor, semuanya blasteran,” ujar Enci, warga Lingkungan Karang sembari memperlihatkan 3 ekor kucing kesayangannya kepada Tribun.

Sejumlah warga penggemar hewan peliharaan mendatangi Klinik Hewan Disnakan Ciamis, Jumat (30/9/2022). Hewan-hewan kesayangan mereka mendapatkan vaksin rabies gratis dalam rangka World Rabies Day.
Sejumlah warga penggemar hewan peliharaan mendatangi Klinik Hewan Disnakan Ciamis, Jumat (30/9/2022). Hewan-hewan kesayangan mereka mendapatkan vaksin rabies gratis dalam rangka World Rabies Day. (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Tidak hanya membawa kucing kesayangan, seorang ibu berkerudung malah membawa seekor kucing liar jalanan untuk divaksin. “Ini saya bawa kucing yang lagi berkeliaran di IC, kelihatannya sakit jadi perlu divaksin ” ujar ibu berkerudung tersebut.

Seorang ibu dari Lingkungan Kelapa Jajar malah membawa seekor monyet seekor monyet yang kelihatannya sudah sangat jinak. “Namanya Poni,” ujar emak-emak berkacamata warga Lingkungan Kelapa Jajar Ciamis tersebut.

Lain lagi seorang bapak, ia membawa seekor musang dan tiga ekor kuncing kesayangannya untuk divaksin rabies.

Baca juga: Tekan Populasi Kucing, DKPP Kota Bandung Gelar Kastrasi Kucing Gratis, Termasuk Vaksinasi Rabies

Tidak hanya memberikan layanan vaksin rabies gratis, dalam rangkaian memperingati “World Rabies Day” menurut Kadisnakan Ciamis Drs H Syarif Nurhidayat MSi, Dinas Peternakan Ciamis juga melakukan sosialisasi bahaya rabies melalui pembagian stiker dan brosur bagi pengendara yang melintas Jalan Yodas depan kantor Disnakan Ciamis.

Juga menggelar stand pameran hewan kesayangan. Seperti kelinci, hamster hingga berbagai reptil unik koleksi komunitas penyayang reptil Ciamis. Ada kadal dan tokek (getcko) bule, kura-kura albino, kodok bule hingga penyu darat dan iguana.

Baca juga: Uu Ruzhanul Ulum; Jabar Siapkan 55 Ribu Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan

Menurut Kadisnakan Ciamis, Syarief Nurihdayat, selama tahun 2022 sampai September iini di Ciamis tidak ditemukan adanya kasus rabies.

“Tapi ada sembilan insiden gigitan yang dilaporkan,” ujar Kabid Kesmavet dan Keswan Disnakan Ciamis, drh Asri Kurnia kepada Tribun.

Baca juga: Bandung Deklarasikan Diri Sebagai Kota Bebas Rabies, Layanan Vaksin Gratis untuk Hewan Peliharaan

Ke-9 insiden gigitan yang dilaporkan tersebut, menurut drh Asri pelakunya adalah kucing. “Pelakunya semuanya kucing, bukan anjing,” katanya.

Setelah dilakukan observasi selama 14 hari, kucing-kucing yang menggigit tersebut tidak ada yang mati. Jadi negatif rabies. “Tahun ini tidak ditemukan kasus rabies di Ciamis termasuk tahun sebelumnya,” ujar drh Asri. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved