Ada Nasi Liwet dan Bakso Dalam Dawegan di Pangandaran, Hanya Bisa Dipesan di Rumah Pembuat

Galih menyampaikan, hidangan Nasi Liwet batok kelapa, baso batok kelapa dan es goyobod batok kelapa merupakan produk dari cocopan

Penulis: Padna | Editor: Ravianto
padna/tribun jabar
Nasi liwet dan bakso yang disajikan dalam batok kelapa. Makanan ini disajikan di warung milik Galih Ginanjar (35) warga di Dusun Bojongkarekes RT 4/13 Desa Babakan, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran. 

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Siapa tak tahu dengan masakan Nasi Liwet? hidangan kuliner khas Sunda ini tentu terkenal di Indonesia, khususnya di Jawa barat. 

Namun, berbeda dengan Nasi Liwet lainnya. Di Pangandaran, sekarang ada kuliner Nasi Liwet yang disajikannya dengan menggunakan batok kelapa.

Batok kelapa ini, tentu bukan dari batok kelapa yang sudah tua. Tapi, batok kelapa yang masih muda dan juga masih memiliki daging atau orang Sunda biasa disebut dengan dawegan. 

Usaha kuliner dengan ciri khas batok kelapa ini, milik pria bernama Galih Ginanjar (35) warga di Dusun Bojongkarekes RT 4/13 Desa Babakan, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran.

Galih dibantu istrinya, menjalankan usaha kuliner tersebut dengan konsep home service. Jadi, setiap orang yang ingin menikmati hidangannya harus memesan terlebih dahulu.

Meskipun di tempat jualan terlihat biasa, tapi usaha kuliner khas batok kelapanya ini cukup diminati para pelanggannya. Termasuk, wisatawan yang menginap di hotel maupun homestay.

Selain Nasi Liwet batok kelapa, Galih juga menyediakan baso batok kelapa dan es goyobod batok kelapa 2022.

Tentu, semua hidangan makanan tersebut cara menyajikannya dengan menggunakan batok kelapa.

Harga per porsinya bervariatif, untuk hidangan Nasi Liwet batok kelapa hanya dibandrol dengan harga Rp 15 ribu plus peda merah. 

Kalau harga baso batok kelapa, dibandrol Rp 13 ribu sampai Rp 20 ribu yang tentu dengan topping sayap, ceker dan kuah yang menggunakan kuah sapi. 

Sementara, untuk harga es goyobod batok kelapa hanya dibandrol dengan harga Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu per porsi.

Galih menyampaikan, hidangan Nasi Liwet batok kelapa, baso batok kelapa dan es goyobod batok kelapa merupakan produk dari cocopan (coconut Pangandaran).

"Awalnya, kita dari suplai kelapa muda. Tapi, kita inovasikan kelapa muda ini yang ready to drink. Artinya, si pelanggan tidak usah repot-repot mengupas lagi di rumahnya."

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved