Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia Jadi Daya Tarik Cloud India Exotel

Cloud India Exotel tertarik untuk ekpansi melihat perkembangan dan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia

Editor: Siti Fatimah
istimewa
NXT CX Bash: An Evening for CX Leader 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Exotel, perusahaan platform full stack interaksi kustomer asal India, menilai interaksi campuran antara manusia dengan kecerdasan buatan (artificial intellegence/AI) akan jadi tren dalam memuaskan pengalaman kustomer (customer experience/CX).

Tren tersebut kian nyata terlihat pada pasar Indonesia, ditambah dengan fenomena kenaikan ekonomi digital tanah air saat ini, sehingga Exotel berencana membuka kantor perwakilan Asia Tenggara di Jakarta.

Shivakumar Ganesan, CEO & Co-Founder Exotel mengatakan, percakapan beserta konteksnya memiliki ruang tersendiri saat dihantarkan melalui sumber daya manusia maupun bot berbasis AI.

Baca juga: Airlangga Hartarto ; Pemerintah Serius Siapkan Talenta untuk Hadapi Peningkatan Ekonomi Digital

"AI tidak selalu bisa menjawab keinginan spesifik kustomer namun ini tengah jadi tren global, tapi layanan oleh manusia juga tetap ada keterbatasan. Karenanya, layanan campuran keduanya akan menjadi tren dalam CX ke depannya," katanya dalam "NXT CX Bash: An Evening for CX Leader" di Jakarta, Rabu (21/9/2022) sore.

Menurutnya, interaksi keduanya juga memungkinkan layanan favorit kustomer yakni layanan chat berbasis bot AI dan suara menjadi lini terdepan dalam memenuhi ekspektasi publik.

Di sisi lain, dengan tarif kompetitif dan sesuai pasar Indonesia, maka layanan interaksi campuran tersebut sangat efektif dan efisien.

"Kami memiliki klien di Indonesia yang berhasil menurunkan biaya 30 persen tanpa ada kerugian bagi perusahaan dari kombinasi layanan voice dan chat AI tersebut," katanya.

Situasi itu terjadi karena AI mampu memastikan seluruh informasi selalu tersedia kepada masyarakat, sehingga dalam waktu yang sama mengurangi gaji yang biasanya diberikan kepada petugas call center yg dilaksanakan manusia.

Baca juga: OJK Cirebon Siapkan Kebijakan Ini untuk Memperkuat Perekonomian Pada 2022, Termasuk Ekonomi Digital

Secara simultan, layanan CX dari Exotel tersebut juga sudah dilengkapi layanan berbasis Bahasa Indonesia yang diklaimnya kian hari kian akurat.

Bahkan akan makin mendekati akurasi layanan mereka dalam Bahasa Inggris.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved