Puslitbang Kemenhan Serahkan Sertifikat Prototipe Motor Listrik untuk Babinsa

Sebelumnya, Presiden Jokowi menginstruksikan jajarannya, termasuk TNI, untuk beralih menggunakan kendaraan dinas listrik.

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Ravianto
nazmi abdurrahman/tribunjabar
Pusat Penelitian dan Pengambangan (Puslitbang) Kementerian Pertahanan (Kemenhan), di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikav) resmi memberikan sertifikat prototipe produk untuk Electric Tactical Motor Bike. Penyerahan dilakukan di Pusdikav, Jalan Purabaya Padalarang, Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, Kamis (15/9/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pusat Penelitian dan Pengambangan (Puslitbang) Kementerian Pertahanan (Kemenhan), di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikav) resmi memberikan sertifikat prototipe produk untuk Electric Tactical Motor Bike.

Penyerahan dilakukan di Pusdikav, Jalan Purabaya Padalarang, Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, Kamis (15/9/2022).

Pengembangan kendaraan listrik ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.55/2019 mengenai kendaraan listrik yang diteken Presiden Joko Widodo.

Kabalitbang Kemhan Marsekal Muda TNI (Purn.), Julexi Tambayong mengajak semua pihak untuk turut berpartisipasi dalam pengembangannya agar segera diproduksi masal.

"Hari ini kita harus bangga karena menjadi pelaku sejarah proses digunakannya motor listrik. Selain itu, menjadi legasi kita kelak," ujar Julexi.

Menurutnya, produk ini menjadi rintisan bersama.

Sehingga, pihaknya terbuka dengan semua masukan, terutama dari pengguna.

"Sehingga nantinya tidak ada alasan untuk kita menolaknya. Terutama saat penggunaannya di tugas-tugas operasi," katanya.

Menurutnya, produksinya motor listrik ini menjadi bukti Indonesia mengikuti perkembangan yang ada. Selain itu, hal ini juga menjadi komitmen pemerintah dalam upaya mendorong penekanan emisi, ramah lingkungan, khususnya pada sektor transportasi dan armada militer.

"Kita tidak ketinggalan dengan negara lainnya. Industri nasional, industri karya anak bangsa, harus bisa menjadi kebanggaan bagi kita semua," ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved