BPTD Jawa Barat Bakal Buat Zebra Cross di Kawasan Pendidikan Jatinangor Sumedang

Zebra cross akan dibuat di Jatinangor, Sumedang. Ini menjawab keluhan mahasiswa.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Kiki Andriana
Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Jawa Barat menyurvei sejumlah titik di kawasan pendidikan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Senin (12/9/2022) untuk dibuat zebra cross. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Jawa Barat menyurvei sejumlah titik di kawasan pendidikan Jatinangor, Kabupaten Sumedang

Sejumlah lokasi mulai dari jalan nasional di depan kampus IPDN, Ikopin, Unpad, ITB, hingga ke SMAN 1 Jatinangor ditinjau untuk dalam waktu segera dibuatkan zebra crossing atau zebra cross. 

Kepala BPTD Wilayah XI Jawa Barat Kementerian Perhubungan, Denny Michels Adlan di Jatinangor mengatakan bahwa pemasangan zebra cross di kawasan pendidikan itu dirasa mendesak. 

Bukan saja karena aktivitas mahasiswa dan pelajar di wilayah itu sangat tinggi, namun juga saat ini banyak bermunculan apartemen yang perlu juga menjadi perhatian. 

"Dalam survei ini, pertama ditinjau titik mana saja yang dibutuhkan adanya zebra cross. Di beberapa titik apartemen yang akan beroperasi, Amdal lalu lintasnya juga perlu adanya zebracross," kata Denny saat berkunjung ke Jatinangor, Senin (12/9/2022). 

Namun, dalam penentuannya nanti, pembuatan zebra cross perlu memerhatikan kelancaran lalu lintas. Zebra cross yang terlalu berdekatan akan membuat arus lalu lintas tersendat. 

"Maka dari itu, hasil peninjauan ini akan dikoordinasikan dengan Kepolisian, sekaligus juga melihat data kerawanan kecelakaan di titik-titik yang sudah disurvei," kata Denny. 

Jika pada suatu titik sering terjadi kecelakaan lalu lintas, maka di titik tersebut perlu penanganan khusus dan prioritas pembuatan zebra cross. 

Di samping itu, BPTD Wilayah XI Jawa Barat pun bekerja sama dengan Balai Pekerjaan Umum (PU) jawa Barat untuk sinkronisasi proyek pengerjaan zebra cross. 

"Jika Balai PU akan membuat pedestrian, maka kami tahan dulu rencana kami. Jangan sampai pekerjaan tumpang tindih," kata Denny. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang, Tono Suhartono mengatakan datangnya BPTD ke wilayah Jatinangor merupakan jawaban atas keluhan para mahasiswa yang tak ada zebra cross di sekitar kampus. 

"Ya ini salah satu tindak lanjut dari kami, rekan-rekan, adik-adik di perguruan tinggi untuk keselamatan dan ketertiban orang ketik berada di jalan," kata Tono di lokasi yang sama.

Baca juga: Nyaris Sepekan Sumedang Terus Diguyur Hujan, BPBD Ingatkan Warga Waspadai Tanah Bergerak

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved