BI Cirebon Luncurkan Uang Emisi 2022, Berlaku sebagai Alat Pembayaran yang Sah, Ini Gambarnya

Ada tujuh pecahan uang kertas yang diluncurkan, di antaranya, Rp 1 ribu, Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, Rp 20 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 100 ribu

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo (kiri), saat menunjukkan tujuh pecahan uang emisi 2022 di KPw BI Cirebon, Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon, Kamis (18/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon meluncurkan uang rupiah kertas emisi 2022.

Terdapat tujuh pecahan uang kertas yang diluncurkan, di antaranya, Rp 1 ribu, Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, Rp 20 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 100 ribu.

Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo, mengatakan, secara nasional uang emisi 2022 tersebut diluncurkan pada momen HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022) kemarin.

Baca juga: FOTO-foto Antrean Warga Tukarkan Uang di Bank Indonesia Bandung, Datang Siang Tak Kebagian Nomor

Karenanya, menurut dia, uang emisi terbaru tersebut telah berlaku menjadi alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI.

"Sebenarnya ini sifarnya reguler, karena BI secara berkala mengeluarkan uang baru," ujar Hestu Wibowo saat ditemui usai peluncuran uang emisi 2022 di KPw BI Cirebon, Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon, Kamis (18/8/2022).

Ia mengatakan, peluncuran uang emisi 2022 itu pun tidak serta merta membuat uang emisi tahun-tahun sebelumnya tidak berlaku lagi sebagai alat pembayaran.

Pasalnya, uang yang sebelumnya dikeluarkan BI dipastikan masih berlaku sebagai alat transaksi di wilayah NKRI sepanjang belum ditarik peredarannya.

Pihaknya mengakui, uang emisi 2016 merupakan yang terakhir dikeluarkan BI, dan pada tahun ini mengeluarkan uang emisi terbaru.

Selain itu, BI juga hanya meluncurkan uang kertas pada 2022 yang terdiri dari tujuh pecahan dari mulai Rp 1 ribu hingga Rp 100 ribu.

"Pada emisi 2022 ini BI tidak mengeluarkan uang logam, karena tujuh pecahan yang diluncurkan adalah uang kertas," kata Hestu Wibowo.

Baca juga: Viral di Media Sosial, Video Uang Kertas Rp 75.000 Bisa Nyanyi Indonesia Raya, Ini Penjelasan BI



Hestu memastikan, dalam waktu dekat KPw BI Cirebon bakal melayani penukaran uang emisi 2022 untuk mengedarkannya ke masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Hestu juga memberikan tujuh pecahan uang emisi 2022 kepada Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, sebagai tanda peluncuran di wilayah Cirebon dan sekitarnya.

"Pak Sekda menjadi orang pertama yang memiliki uang emisi 2022 di wilayah Ciayumajakuning, karena kami baru mengedarkannya mulai besok," ujar Hestu Wibowo.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved