Pemilu 2024

Pilkada Serentak KPU Ciamis Butuh Rp 101 Miliar, Wabup Ciamis Siap Dukung Dengan Anggaran yang Ada

Menurut Wabup Yana D Putra, Pemkab Ciamis akan membantu anggaran KPU sesuai kemampuan APBD dan sesuai dengan regulasi yang sudah ditentukan pemerintah

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
Istimewa
Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengatakan, Pemkab Ciamis akan membantu anggaran KPU sesuai kemampuan APBD dan sesuai dengan regulasi yang sudah ditentukan pemerintah 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Untuk pelaksanaan Pilkada Serentak yakni Pilbup/Pilwabup Ciamis dan Pilgub/Pilwagub Jabar pada November 2024 KPU Ciamis membutuhkan anggaran Rp 101 miliar lebih.

“Itu baru perhitungan global. Salah satu pertimbangannya bahwa Pilkada Serentak tersebut berlangsung dalam kondisi pandemi Covid-19. Tentu ada biaya untuk prokes,” ujar Ketua KPU Kabupaten Ciamis,  Sarno Maulana Rahayu kepada Tribun  Selasa (2/8).

Secara garis besar komponen biaya untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 tersebut, menurut Sarno, di antaranya pembiayaan tahapan  persiapan, tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak, rekruitmen petugas pelaksana Pilkada Serentak.

Dengan pertimbangan semua tahapan tersebut dilaksanakan dalam kondisi pandemi covid yang perlu ditunjang dengan kesiapan protokol kesehatan (prokes).

Tentang kebutuhan anggaran untuk penyelenggaran Pilkada Serentak di Ciamis sekitar Rp 101 miliar lebih tersebut secara global sudah disampaikan saat pertemuan silaturahmi (audiensi) dengan Wabup Ciamis, Yana D Putra di Ruang Op Room Setda Ciamis, Selasa (2/8/2022) siang. Tetapi belum disebut perinciannya.

Baca juga: KPU Majalengka Sebut Keterlibatan Seluruh Elemen Penting Untuk Sukseskan Pemilu 2024

Pada pertemuan silaturahmi tersebut menurut Sarno, jajaran KPU Ciamis memperkenalkan masing-masing komisioner dan pimpinan KPU yang baru serta divisi-divisinya.

“Kami juga membahas  tahapan dan persiapan pelaksanaan Pemilu 2024. Dan sudah dimulainya tahapan pendafataran dan verifikasi parpol,” katanya.

Katanya pemerintah sudah menetapkan pelaksanaan Pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari 2024 dan Pilkada Serentak 2024 pada tanggal 27 November 2024.

“Untuk suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 maupun Pilkada Serentak 2024, kami dari KPU akan selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah. Termasuk dengan masalah pembiayaan pelaksanaan,” ujar Sarno.

Pada kesempatan saat menerima kunjungan dari rombongan KPU Kabupaten Ciamis di ruang Op Room Setda Ciamis, Selasa (2/8) siang tersebut Wabup Ciamis Yana D Putra menyebutkan bahwa Pemilu merupakan tanggung jawab bersama.

“Tidak hanya tanggungjawab KPU saja. Tetapi juga tanggungjawab Pemerintah Daerah,” tegas Wabup Yana D Putra.

Baca juga: KPU Kota Sukabumi Dipusingkan Minimnya Kesadaran Masyarakat Bikin Akta Kematian Keluarganya

Untuk masalah anggaran pembiayaan  Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak 2024 menurut Wabup Yana D Putra, Pemkab Ciamis akan membantu sesuai kemampuan APBD dan sesuai dengan regulasi yang sudah ditentukan pemerintah.

“Kami siap mendukung kegiatan kepemiluan tersebut sesuai dengan kemampuan anggaran. Dan sesuai dengan ketentuan regulasi yang ada,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Wabup Yana D Putra mengingatkan agar sosialisasi Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak 2024 dilakukan secara masiv dan terus menerus agar tingkat partiipasi masyarakat dalam pemilu nanti bisa lebih optimal. Termasuk dengan melibatkan dinas terkait seperti Dinas Kominfo maupun Badan Kesbangol. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved