Cerita Orangtua Murid Sekolahkan Anaknya di SDN 5 Cikidang Lembang yang Minim Siswa, Kini Mau Pindah

SDN 5 Cikidang hanya memiliki 47 siswa dengan rincian kelas 6 ada 26 orang, kelas 5 hanya 8 orang, kelas 4 ada 5 orang, dan kelas 3 ada 8 orang.

Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
SD Negeri 5 Cikidang, Kampung Pengkolan, Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (27/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAD.ID, BANDUNG BARAT - Amid (39) tampak duduk termenung saat menunggu anaknya pulang sekolah di SD Negeri 5 Cikidang, Kampung Pengkolan, Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (27/7/2022).

Pria asal Kampung Sadang itu duduk di depan bekas kantin yang kondisinya sudah tampak usang karena di sekolah ini tidak terdapat fasilitas lainnya seperti kantin dan Mandi Cuci Kakus (MCK) layaknya sekolah-sekolah yang lain.

Amid hanya menunggu anaknya pulang sekolah sendirian karena SDN 5 Cikidang hanya memiliki 47 siswa dengan rincian kelas 6 ada 26 orang, kelas 5 hanya 8 orang, kelas 4 ada 5 orang, dan kelas 3 ada 8 orang.

Baca juga: Nasib SDN 5 Cikidang di Lembang KBB, 2 Kelas Tidak Ada Murid, Guru Hanya Satu yang Aktif

Sedangkan untuk kelas 1 dan kelas 2, hingga saat ini tidak ada murid sama sekali karena selama dua tahun terakhir tidak ada siswa yang mendaftar, sehingga di sekolah ini tampak sepi dan tidak ada kerumunan siswa saat pulang sekolah.

"Saya lagi menunggu anak pulang sekolah, anak saya sekarang kelas 3 sekolah disini. Tapi rencananya mau dipindahkan ke SDN 1 Cikidang," ujarnya saat ditemui di SDN 5 Cikidang, Rabu (27/7/2022).

Amid sendiri berencana untuk memindahkan anaknya karena di sekolah tersebut sudah tidak punya teman, mengingat jumlah siswa di kelas 3 hanya ada empat orang.

"Kalau banyak teman mungkin akan terus di sini. Tapi kan kasihan sama anak, meskipun pelajarannya bagus tapi kalau kondisinya gini kan percuma," kata Amid.

Dengan minimnya jumlah siswa di kelas 3 itu, kata Amid, anaknya beberapa bulan belakangan sempat malas sekolah ketika ada temannya yang tidak masuk, sehingga kondisi ini sempat membuat Amid dilema.

"Jadi kalau ada temannya yang izin, kadang yang lain juga akhirnya izin enggak sekolah," ucapnya.

Amid mengatakan, sudah sempat berbicara pada pihak sekolah untuk memindahkan anaknya, tetapi sampai saat ini belum diberi izin dengan alasan menunggu hasil rapat dengan pihak lain.

Baca juga: Nasib SDN 5 Cikidang di Lembang KBB, 2 Kelas Tidak Ada Murid, Guru Hanya Satu yang Aktif

"Saya sudah izin untuk memindahkan anak, karena takut semakin lama muridnya semakin habis, soalnya kan yang kelas 1 dan 2 aja enggak ada murid, tahun depan yang kelas 6 lulus," ujar Amid.

Awalnya dia menyekolahkan anaknya ke SDN 5 Cikidang itu karena semua teman sekampung memilih sekolah ini, sehingga jika ke sekolah lain, anaknya khawatir tidak ada betah karena tidak ada teman.

"Awalnya memang gitu, tidak ada teman kalau ke SDN 1 Cikidang, jadi disekolahkan saja ke sini. Tapi ternyata sekarang temannya di kelas malah sedikit," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved