Banjir di Garut

Sungai Cimanuk Mengamuk, Rendam Ratusan Rumah di 8 Kecamatan di Garut, dari Cikajang Sampai Cibatu

Ratusan rumah di delapan kecamatan terendam banjir luapan Sungai Cimanuk di Garut.

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: taufik ismail
Istimewa/ dok BPBD
Aliran Sungai Cimanuk Kabupaten Garut kembali meluap, Jumat (15/7/2022). sementara dilaporkan ada dua kecamatan yang terdampak. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Delapan Kecamatan di Kabupaten Garut terdampak banjir dari luapan Sungai Cimanuk, Sabtu (16/7/2022). 

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, bencana banjir di Garut sudah terjadi sejak Jumat (15/7/2022) malam. 

Ada pun delapan kecamatan yang terdampak yakni Kecamatan Cikajang, Kecamatan Garut Kota, Kecamatan Tarogong Kidul, Kecamatan Karangpawitan, Kecamatan Bayongbong, Kecamatan Banyuresmi, Kecamatan Cilawu, dan Kecamatan Cibatu

Manager Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jabar, Hadi Rahmat mengatakan penyebab banjir tersebut diduga akibat hujan dengan intensitas tinggi. 

"Sehingga mengakibatan debit air Sungai Cimanuk tidak dapat terbendung dan meluap ke daerah sekitar aliran," ujar Hadi dalam keterangannya, Sabtu (16/5/2022). 

Dampak dari bencana ini, kata dia, terdapat sejumlah rumah terendam dan mengalami rusak berat. Pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa. 

"BPBD Provinsi Jabar berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Garut. Sampai saat ini masih dilakukan asesmen dan evakuasi di beberapa titik kejadian," katanya. 

Berikut ini data lengkap daerah terdampak bencana di Kabupaten Garut, dari BPBD Jabar

• Kecamatan Cikajang
- Desa/Kel Cibodas
22 Unit Rumah Terendam ( TRD )
Terdampak : 41 KK / 98 Jiwa 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved