Tak Tega Tetangga Tinggal di Rumah Nyaris Roboh, Warga Sukabumi Kumpul Iuran dan Renovasi Rutilahu

Kepala Dusun 1 Kampung Marinjung Tengah, Ayan Suharyan, mengatakan warga merenovasi rumah milik Mak Maci yang sudah renta dan tidak memiliki pekerjaan

Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin
Tak tega melihat tetangga tinggal di rumah reot dan nyaris roboh, warga mengumpul iuran dan merenovasi rumah tidak layak huni ( rutilahu ) di Kampung Marinjung Tengah RT 04 RW 01 Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022).R 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI- Tak tega melihat tetangga tinggal di rumah reot dan nyaris roboh, warga mengumpul iuran dan merenovasi rumah tidak layak huni ( rutilahu ), Rabu (6/7/2022). 

Rutilahu itu berada di Kampung Marinjung Tengah, RT 04/01, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala Dusun 1 Kampung Marinjung Tengah, Ayan Suharyan, mengatakan warga merenovasi rumah milik Mak Maci yang sudah renta dan tidak memiliki pekerjaan.

Warga pun bergotong-royong membongkar rumah Mak Maci yang dihuni bersama anak cucunya.

"Iuran swadaya warga, kekurangannya pak Kades yang nanggung. Rumah itu ditinggali Mak Maci sama cucu sama anak-anaknya, ada enam orang," ujar Ayan.

Baca juga: BERITA SUBANG, 12 Jiwa Tinggal di Rutilahu, Kapolsek Merasa Berdosa, Langsung Bangunkan Rumah Baru

Ayan mengatakan, kondisi rumah Maci sudah rusak sekitar satu tahunan, terlihat bilik bambu bolong, kayu-kayu penyangga rapuh, bahkan tembok pun sudah miring.

"Emang ada (program rutilahu, red), tapi entar keluarnya 2023. Daripada diisi sama orangnya entar roboh, jadi cemoohan jelek keluar. Kita bongkar dibantu sama warga dari RW 01," katanya.

Foto: Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved