Rampok yang Dibekuk Polisi di Bandung Ternyata Residivis, Dulu Viral Todongkan Senjata di Margahayu

Pelaku sempat viral di media sosial menodongkan senjata api kepada warga yang memergokinya saat melakukan aksinya di Margahayu

Tribun Jabar/ Lutfi AM
Kedua perampok spesialis rumah kosong, yang berhasil diringkus jajaran Polresta Bandung, terpincang-pincang saat digiring di Mapolresta Bandung, Senin (4/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUBJABAR.ID, BANDUNG - Kedua perampok spesialis rumah kosong, yang berhasil diringkus jajaran Polresta Bandung, terpincang-pincang saat digiring di Mapolresta Bandung, Senin (4/7/2022).

Di kaki kedua tersangka terdapat perban yang dililitkan. Itu merupakan luka tembak karena keduanya membahayakan petugas saat ditangkap, sehingga petugas melakukan tidakan tegas kepada keduanya.

Keduanya berhasil diringkus saat melakukan aksinya di Perumahan Kencana Ciganitri, Bojongsoang, Kabupaten Bandung, pada 30 Juni 2022.

Baca juga: Perampok yang Tertangkap setelah Beraksi di Ciganitri Sudah Beraksi 21 Kali, 2 Tertangkap 1 Buron

Tersangka EJ (51) dan SY (54), videonya sempat viral di media sosial, ia menodongkan senjata api kepada warga yang memergokinya saat melakukan aksinya di Margahayu pada Januari 2022.

Kasatreskrim Polresta Bandung, AKP Oliesta Ageng Wicaksana, menjelaskan, selain mengamankan tersangka, pihaknya juga mengamankan barang bukti dari tangan para tersangka.

"Kami mengamankan dua pucuk senjata api, satunya rakitan, kemudian 12 butir peluru aktif kaliber 38, dua buah sajam, satu sepeda motor, camera, beberapa jam tangan, cincin, kalung, dan sebagainya hasil dari aksinya," kata Oliestha, di Mapolresta Bandung, Senin (4/7/2022).

Oliestha, mengatakan, menurut keterangan dari pelaku yang berhasil diamankan, senjata itu untuk menakut-nakuti.

"Menakut-nakuti apabila ada masyarakat, ataupun satpam memergokinya, atau berusaha untuk mencegah tindakan yang mereka lakukan," ujar Oliestha.

Menurut Oliestha, sejata apai yang diamankan, sementara tak ada nomor seri.

Baca juga: Kisah Pilu OB yang Disekap Perampok di Kantor Disdikbud Tasik, Uang untuk Biaya Sekolah Anak Lenyap

"Dari informasi yang didapat, dia mendapatkan dari seseorang, dan ini masih dalam pengembangan," kata ujarnya.

Oliestha mengatakan, EJ dan SY berhasil diamankan namun ada yang melarikan diri dan sekarang masih dalam pengejaran, yakni NR. Para tersangka, menurutnya, merupakan residivis.

"Para tersangka ini residivis dengan kasus yang sama dan pernah diamankan beberapa kali, seperti di Lampung, Polrestabes Bandung, dan Polresta Bandung," katanya.

Oliestha mengatakan, saat diamankan karena pelaku membahayakan petugas maka dilakukan tindakan tegas terukur kepada pelaku.

"Satu pelaku berhasil melarikan diri dan masih dalam pengejaran petugas, tersangka terjerat pasal 365 dan atau 363 dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara," ucapnya.

Baca juga: Dua Maling Spesialis Rumah Kosong Dibekuk Polisi, Aksinya Pernah Viral di Media Sosial

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved