PMK Merebak, Pemeriksaan di Nagreg Diperketat, Perlintasan Distribusi Sapi dan Hewan Ternak Lainnya

Marak PMK pada ternak, Puskeswan Cicalengka perketat kedatangan hewan ternak dari luar daerah, terutama di Jalur Nagreg.

ILUSTRASI - pengecekan sapi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Di tengah maraknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, pusat kesehatan hewan (Puskewan) Cicalengka perketat kedatangan hewan ternak dari luar daerah, terutama di Jalur Nagreg.

Medik Veteriner Kepala/Koordinator Puskeswan Cicalengka, Angga Puji N, mengaku, pihaknya, telah koordinasikan dengan berbagai pihak termasuk kepolisian.

"Sudah saya Koordinasikan terkait lalu lintas, khawatir ada hewan dari luar terutama daerah wabah, mereka (pihak Kepolisian) siap untuk cek lebih detail," ujar Angga, di Puskewan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Dinas Pertanian Pangandaran Bangun Pos Penyekatan Pengangkutan Hewan, Antisipasi Wabah PMK

Angga mengatakan, wilayah kerja atau binaannya ada 29 desa di 3 kecamatan, yaitu di Kecamatan Nagreg 8 desa, Cicalengka 12 Desa, dan Cikacung 9 desa.

"Memang sudah disarankan kepada masyarakat untuk tidak mendatangkan hewan dari luar daerah. Jadi kepolisian juga akan lebih detail mengecek, terutama (Surat Keterangan Kesehatan Hewan) SKKH, jika ada itu lebih aman," kata Angga.

Angga mengatakan, sejauh ini, pihaknya sudah keliling, dan belum ada yang murni terjangkit PMK.

"Kalau gejala, sudah ada beberapa (sapi) di daerah Nagreg, tapi belum hasil murni dari lab, kami pantau selama sepuluh hari, dan kami obatin juga. Itu merupakan sapi lokal, sudah lama di kandang," ucap dia.

Paling banyak sapi di daerah binaannya, kata Angga, di Cikancung. Di Cikancung, total ada 9 ribu ekor sapi.

"Sekitar 1500, itu milik masyarakat umum, sedangkan sisanya merupakan industri atau perusahaan swasta," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved