Mengenal Terapi Sel T Car dan Cara Kerjanya untuk Pengobatan Kanker Darah

Sel T Chimeric antigen receptor atau Sel T Car jadi metode medis untuk pengobatan kanker, penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Editor: Mega Nugraha
ISTIMEWA
ilustrasi kanker 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Terapi Sel T Chimeric antigen receptor atau terapi Sel T Car jadi metode medis untuk pengobatan kanker, penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Global Cancer Observatory (GLOBOCAN) mencatat, pada 2020, ada 396.914 kasus kanker di Indonesia dengan angka kematian mencapai 234,511.

Dari total data itu, ada 23.660 kasus kanker darah yang disebabkan disfungsi pertumbuhan dan perilaku sel.

Kondisi itu menyebabkan tubuh kelebihan sel darah putih yang diproduksi sumsum tulang dan kemudian mengarah ke kanker.

Sejauh ini, ilmu pengetahuan medis belum menemukan metode tes skrining untuk mendeteksi mendeteksi kanker darah sejak dini.

Di Indonesia, kanker darah menyerang anak-anak. Data Global Burden of Cancer (Globocan), pada 2018 diperkirakan 33,5% kasus Leukemia baru pada anak laki-laki umur 0-19 tahun dan 31% pada anak perempuan di Indonesia.

Baca juga: Menkes Budi Gunadi Wajibkan Vaksin Kanker Serviks, Rencanakan Akan Mulai Tahun Ini

Selain Leukemia, ada dua jenis kanker darah lainnya yang paling umum di Indonesia, yakni Limfoma dan Myeloma. Masing-masing dari jenis kanker darah tersebut memiliki penyebab pembentukannya sendiri.

Mengenal Terapi Sel T Car

Terapi Sel T CAR sendiri diyakini jadi metode pengobatan kanker darah paling modern sehingga memberi harapan hidup bagi para penderitanya.

“Dalam tiga dekade terakhir, kami melihat perkembangan luar biasa pada pengobatan baru untuk kanker. Pengobatan itu lebih efektif dan efek samping yang lebih kecil,” kata Dr Ang Peng Tiam, Direktur Medis dan Konsultan Senior, Onkologi Medis, dalam diskusi penyembuhan kanker yang digelar secara daring, digelar Parkway Cancer Center, Singapura, Rabu (20/4/2022).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved