Harga Daging Sapi di Pasar Ciamis di Rp 140.000 per Kilogram, Pembeli Kembali Sepi

Saat munggahan hari pertama, Jumat (1/4), Andi sempat menjual 6 kuintal daging sapi segar

Penulis: Andri M Dani | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar/ Kiki Andriana
ILUSTRASI pedagang daging sapi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS– Dua hari menjelang datangnya bulan puasa (munggahan) lalu, harga daging sapi di Pasar Manis Ciamis naik tajam dari Rp 135.000/kg ke kisaran angka Rp 140.000-Rp 145.000/kg.

Memasuki hari kedua Ramadan, Senin (4/4) harga daging sapi di Pasar Manis Ciamis tidak turun kembali ke angka Rp 135.000/kg, tapi bertahan di angka Rp 140.000/kg.

“Harga daging sapi hari masih tetap seperti waktu munggahan kemarin. Masih Rp 140.000/kg,” ujat H Andi, pedagang daging sapi di Blok C Pasar Manis Ciamis kepada Tribun Senin (4/4/2022).

Di kios Hj Ombah, tempat H Andi sehari-hari berjualan daging sapi, terlihat suasana pembeli yang sepi. Kondisi yang sama juga terjadi di 15 kios lainnya yang daging berjualan daging sapi.

“Pembeli hari dan kemarin memang kembali seperti semula, kembali sepi. Kalau saat munggahan memang membludak, penuh sesak. Daging sampai habis ludes tak tersisa,” katanya.

Baca juga: Daging Kerbau Disebut Lebih Banyak Habis Dibanding Daging Sapi di Perum Bulog, Ini Alasannya

Senin siang tersebut, Andi hanya bisa menjual 60 kg daging sapi. “Masih banyak sisa, ya tinggal dibikin abon dan dendeng saja,” ujar H Andi yang juga perajin dendeng dan abon sapi khas Ciamis.

Saat munggahan hari pertama, Jumat (1/4), Andi sempat menjual 6 kuintal daging sapi segar dan munggahan hari kedua, Sabtu (2/4) terjual sebanyak 4 kuintal daging sapi.

Omset penjualan daging sapi naik berkali-kali lipat dibanding hari biasa, hanya sekitar 50 kg sampai 60 kg.

Menurut H Andi, kalau daging sapi sudah naik saat munggahan  biasanya bertahan selama bulan puasa. Bahkan diperkirakan akan naik lagi menjelang hari lebaran.

“Kemarin waktu munggahan naik sampai Rp 140.000/kg, biasanya akan bertahan selama bulan puasa. Biasanya menjelang lebaran akan naik lagi.  Mudah-mudahan menjelang lebaran tahun ini, harga daging sapi tidak naik lagi,” katanya.

Baca juga: Pemkot Bandung Jamin Stok dan Stabilitas Harga Minyak Goreng dan Daging Sapi Hingga Lebaran

Harga ayam pejantan malah turun

Berbeda dengan daging sapi, di Ciamis harga ayam pedaging ras layer jantan (pejantan) di tingkat peternak malah turun.

Menurut H Komar Hermawan, peternak ayam pejantan di Desa Talagasari Kawali Ciamis, waktu munggahan beberapa hari lalu, harga ayam pejantan di kandang peternak sempat naik ke angka Rp 31.000/kg hidup (live bird)

“Tapi hari ini sudah turun lagi ke angka Rp 30.000/kg. Itu harga di kandang. Padahal waktu munggahan sempat naik sampai Rp 31.000/kg,” ujar H Komar Hermawan yang juga pemilik Kawali PS kepada Tribun Senin (4/4).
 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved