Harga BBM dan Pajak Naik Bersamaan, Ini Harapan Para Pelaku Usaha Jawa Barat Pada Pemerintah

Kenaikan harga BBM dan pajak disikapi para pelaku usaha dengan harapan pemerintah memberikan timbal balik yang tak memberatkan

Editor: Siti Fatimah
istimewa

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan pajak akan mempengaruhi berbagai hal. Termasuk di sektor perdagangan dan industri. Kondisi ini akan sangat dirasakan oleh para pelaku usaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat.

"Kenaikan harga BBM dan pajak yang bersamaan ini tentu akan memberatkan kami para pelaku usaha. Kami mengerti adanya kenaikan ini, kami paham pemerintah butuh dana, namun harusnya kebijakan ini harus ada timbal balik dari pemerintah," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat Cucu Sutara disela acara Cucu Sutara pada peresmian Masjid As Sakhowah di Menara Kadin Jabar, Kota Bandung, Jumat (1/4/2022). 

Menurutnya pemerintah juga harus memperhatikan dampak yang bisa mempengaruhi iklim dunia usaha yang pada saat ini justru sedang bangkit setelah dihantam pandemi Covid-19.

Baca juga: INI Daftar Harga BBM Terbaru 3 April 2022 di SPBU di Indonesia: Pertamax, Pertalite, hingga Dexlite

Pihaknya berharap ada timbal balik yang baik dari pemerintah kepada pengusaha semisal harus dibarengi dengan pelayanan yang baik agar iklim usaha tetap berjalan baik bahkan tumbuh lebih dari sebelum Covdi-19.

Peran pemerintah sebagai regulator harus diikuti dengan kebijakan yang juga berpihak kepada para pelaku usaha. Karena bila kebijakan memberatkan akan mempengaruhi dunia usaha dan berimbas pada hal lain.

"Kebijakan yang berpihak pada pengusaha seperti  bunga ringan, pengembangan sumber daya manusia, perbaikan infrastruktur jalan, dan lainnya. Kalau ini semua terealisasi, usaha juga akan tumbuh dan berkembang. Selain itu, harus juga ada keberpihakan kepada rakyat," katanya.

Saat ini menurutnya dunia usaha dalam kondisi sedang bangkit usai pandemi didukung adanya beberapa relaksasi.

Baca juga: Per Hari Ini, 3 Maret 2022, Harga BBM Non Subsidi Naik, Ini Rincian Harga Barunya

Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan dunia usaha dan dapat mendorong investor masuk ke Jawa Barat.

Terkait peresmian Masjid As Sakhowah, pihaknya berharap masjid yang berada di lingkungan Graha Kadin Jabar tersebut bisa memberikan banyak manfaat terutama bagi karyawan atau siapa pun yang ingin menjalankan ibadah di masjid tersebut.

Hadir pada acara peresmian masjid, Mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan serta pengurus Kadin Jabar dan dilakukan pula kegiatan pemberian santunan untuk anak yatim piatu.

"Peresmian ini berdekatan dengan bulan Ramadhan,semoga membawa keberkahan serta dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved