Berita Bank bjb

Menuju Elite Bank, Bank BJB Luncurkan Berbagai Inovasi

Bank bjb memiliki berbagai potensi untuk menjadi elite bank di Indonesia melalui berbagai inovasi

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) memiliki berbagai potensi untuk menjadi elite bank di Indonesia. Pasalnya berbagai persyaratan menjadi bank elit di Indonesia sudah dimiliki oleh bank bjb

Saat ini saja, bank berkantor pusat di Jalan Naripan, Kota Bandung,  sudah melakukan berbagai inovasi.

Beberapa inovasi yang telah dilakukan perseroan pun merupakan terobosan besar yang tak banyak dilakukan bank nasional.

Baca juga: Siap Menjadi Holding BPD, bank bjb Fokus Bentuk Kelompok Usaha Bank

Sebut saja kerjasama bank bjb  dengan Amazon Web Service (AWS) dan PT DCI Indonesia, Tbk (DCI) untuk mendukung IT Digital Enablemen dimana langkah ini meerupakan bagian dari modernisasi infrastruktur menuju era digital dengan ISO 20000 dan ISO 27001.

Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi,  mengatakan bahwa kerja sama dengan DCI dilakukan karena DCI dikenal sebagai data center Tier IV pertama di Asia Tenggara yang mampu memberikan layanan infrastruktur data center yang andal, aman, terpercaya sesuai dengan standard operasional global. DCI menjamin SLA 99.999% atau waktu downtime maksimal 5 menit dalam setahun. 

"Melalui kerja sama ini, DCI akan terus berupaya memberikan kualitas data center terbaik guna menunjang pertumbuhan bisnis bank bjb di era transformasi digital," ujar Yuddy beberapa waktu lalu.

Baca juga: Comeback Epik Bandung bjb Tandamata Kalahkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

Sementara kerjasama dengan AWS dilakukan mengingat AWS merupakan penyedia platform cloud komprehensif yang digunakan secara global  yang menawarkan lebih dari 200 layanan unggulan.

Sebagaimana diketahui, Sebelumnya bank bjb juga telah bekerja sama dengan Alibaba Cloud, penyedia produk dan layanan teknologi terdepan berstandar internasional, yang juga menyediakan layanan Cyber Security.

Alibaba Cloud Indonesia adalah satu-satunya yang memiliki scrubbing center dan 3 data center di Indonesia.

"Sebagai BPD yang mendukung transformasi digital di Indonesia, bank bjb telah menerapkan strategi Digital Enablement dalam melakukan transformasi digital. Digital Enablement merupakan langkah-langkah untuk mendukung transformasi digital bank bjb dalam rangka mengadopsi teknologi yang robust dan up-to-date," kata Yuddy.

Baca juga: Bank BJB Siap Terbitkan Obligasi Hingga Rp1 Triliun.

Menurut Yuddy, kerjasama bank bjb dengan AWS, Alibaba, dan DCI adalah bukti komitmen bank bjb dalam membangun ekosistem digital yang lebih masif untuk mendukung penerapan Digital Enablement di bank bjb

Selain inovasi itu, bank bjb juga kini sedang menyiapkan super apps yang akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Direktur Information Technology, Treasury & International Banking, Rio Lanasier, mengatakan bahwa bank bjb saat ini sedang menggagas terbangunnya super apps untuk menjawab kebutuhan konsumen yang kian besar. 

"Super apps merupakan satu aplikasi untuk semua layanan keuangan. Aplikasi ini juga nantinya akan memudahkan digitalisasi pada Kelompok Usaha Bersam (KUB) yang saat ini sedang digagas," ujar Rio. 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved