Covid di Ciamis

Kasus Covid-19 Kembali Ancam Ciamis, Dalam Seminggu Ada 39 Kasus Baru, 10 Dirawat di Ruang Isolasi

Dalam seminggu ini ada 39 kasus Covid-19 di Ciamis, 10 di antaranya dirawat di ruang isolasi.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Andri M Dani
RSUD Ciamis. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Setelah sempat lima bulan nihil kasus (zero kasus) Covid-19, dalam seminggu ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 muncul lagi di Ciamis.

Sampai Kamis (10/2/2022) tercatat 39 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari 39 warga Tatar Galuh Ciamis yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam minggu ini tersebut, sebanyak 29 orang menjalani isolasi mandiri dan 10 orang dirawat di ruang isolasi rumah sakit.

“Ada 10 orang yang dirawat di ruang isolasi rumah sakit. Yakni di RSUD Ciamis, di RS Al Arif, dan di RS Permata Bunda. Itu data sampai kemarin (Kamis, 10/2),” ujar Feri Rahman Hakim SKM M. Epid, petugas fungsional Bidang P2P Dinkes Ciamis kepada Tribun  Jumat (11/2/2022).

Dari 10 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit tersebut, lima orang di antaranya dirawat di ruang isolasi RSUD Ciamis.

Ke-5 pasien yang dirawat di ruang wuhan (ruang isolasi) RSUD Ciamis tersebut belum bisa dipastikan mereka terpapar Covid-19 varian Omicron atau bukan.

“Belum bisa dipastikan (terpapar Covid-19 varian omicron atau bukan). Karena harus menjalani whole genome sequencing (WGS) terlebih dahulu. Lima pasien tersebut belum menjalani WGS atau sgtf,” ujar Kabid Pelayanan Medis RSUD Ciamis, dr H Bayu Yudiawan MM kepada Tribun Jumat (11/2/2022).

Setelah sempat hampir 5 bulan kosong alias BOR-nya nihil, menurut dr Bayu, ruang isolasi RSUD Ciamis dalam tiga hari ini kembali terisi pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Sejak tiga hari terakhir sampai hari ini ada lima bed yang terisi,” katanya.

Ke-5 pasien yang dirawat di ruang isolasi khusus Covid-19 RSUD Ciamis tersebut menurut d Bayu, 4 orang laki-laki dan seorang perempuan.

Mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, RSUD Ciamis menyiagakan 128 bed di ruang isolasi khusus  yang menempati lantai 2 dan lantai 3 pavilyun Hasan Sobari. Ruang isolasi di RSUD Ciamis tersebut populer disebut Ruang Wuhan.

Baca juga: Ciamis Kembali ke PKKM Level 2, Pemkab Perketat Prokes dan Vaksinasi Dosis 2 Digencarkan

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved