Wagub Ingatkan Perangkat Daerah Soal Program Pemprov Jabar, Pak Uu; Harus Disampaikan dengan Menarik

Pak Uu ingatkan kepada perangkat daerah agar program pemprov jabar harus disampaikan dengan menarik

Editor: Siti Fatimah
dok humas jabar

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum kembali memimpin rapat evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2021 secara virtual, dari Rumah Singgah Wakil Gubernur, Jumat (14/1/2022).

Kali ini, rapat digelar di lingkup Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar mulai dari Inspektorat, Dinas Binamarga, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Perhubungan, Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Biro Perekonomian, Biro BUMD, Investasi dan Administrasi Pembangunan, serta Biro Pengadaan Barang dan Jasa.

Ada 11 catatan yang diberikan Pak Uu, sapaan akrab Uu Ruzhanul, dalam rapat evaluasi ini, salah satunya berpesan kepada para perangkat daerah untuk bisa menyampaikan program-program dengan menarik di media sosial.

"Dengan ada laporan ini, saya bisa menyampaikan kepada masyarakat apa yang sudah dilakukan Pemda Provinsi Jabar," kata Pak Uu.

"Tapi, saya minta juga masing-masing dinas harus menyampaikan kegiatan dengan singkat dan mudah dimengerti. Bisa lewat media sosial. Tag juga ke IG Pak Gubernur dan saya juga dinas-dinas lainnya," tambahnya.

Dalam menyampaikan program-program yang ada, lanjut Pak Uu, perangkat daerah juga harus bisa membaca selera masyarakat.

"Di media sosial kalau kaku, tidak menarik, tidak akan disukai masyarakat sehingga masyarakat tidak akan tahu keberhasilan (program Jabar)," ujarnya.

Pak Uu pun mengatakan, penyampaian atau sosialisasi program-program Jabar penting agar masyarakat bisa merasakan kehadiran Pemda Provinsi Jabar.

Sehingga, pihaknya tidak hanya memili rapor baik secara administrasi, tetapi juga memiliki dampak nyata program pembangunan di masa kepemimpinan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

"Tugas saya hanya mengkoordinasikan dan mengawasi OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Jangan sampai angka (indikator pencapaian) hebat, tetapi masyarakat belum merasakan apa (dampaknya), efek domino apa bagi masyarakat, dan masih belum ada kejelasan tentang manfaat seluruh program," tegas Pak Uu.

Selain itu, sama seperti rapat evaluasi sebelumnya, Pak Uu juga menekankan pentingnya koordinasi di lingkup asisten daerah (asda) engan dinas atau biro yang ada.

"Saya kuatkan kembali, dinas yang satu rumpun, satu objek, satu lokus, harus ada rapat khusus yang dipimpin asda. Harus ada kolaborasi dalam satu visi yang sama," kata Pak Uu.

Terakhir, sosok yang juga Panglima Santri Jabar ini mengapresiasi laporan yang sudah disampaikan masing-masing OPD. Ia berharap, para perangkat daerah bisa meningkatkan kinerja terutama untuk membawa efek domino manfaat program-program Jabar bagi masyarakat.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para kepala dinas yang sudah sesuai harapan pimpinan, yaitu mengaitkan visi misi dengan tujuan dan lainnya. Tapi masih ada yang belum bisa menyampaikan manfaat kepada masyarakat. Meski memang tadi ada juga yang saya dengar, luar biasa (laporannya)," ucap Pak Uu. 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved