Breaking News:

Liburan Nataru Tahun Ini, Sejumlah Objek Wisata di Garut Buka, Termasuk Pendakian ke Gunung

Pemerintah Kabupaten Garut memperketat pengawasan protokol kesehatan di tempat wisata yang akan tetap buka di liburan Natal dan tahun baru

Tribun Jabar/ Sidqi Al Ghifari
Gunung Papandayan, Kabupaten Garut 

Laporan Kontributor TribunJabar.id, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, Garut - Pemerintah Kabupaten Garut memperketat pengawasan protokol kesehatan di tempat wisata yang akan tetap buka di libur Natal dan tahun baru.

Pengetatan tersebut berada di seluruh titik tempat wisata seperti pantai, pemandian air panas dan wisata mendaki gunung.

"Seluruh tempat wisata di Garut akan diawasi secara ketat, termasuk ada pembatasan pengunjung hingga 75 persen," ujar Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Hotel di Bandung Barat Bakal Disidak pada Momen Nataru, Sanksi Menanti Jika Melanggar Aturan

Pembukaan tempat wisata di Kabupaten Garut di masa liburan Natal dan tahun baru menurutnya diizinkan oleh pemerintah dengan catatan protokol kesehatan di tempat wisata tersebut harus diperketat.

"Kami tidak dilarang untuk membuka tempat wisata, atau wisatawan tidak dilarang ke tempat kami, ini juga kebijakan yang sebagaimana sebelumnya kan, gas rem gas rem," ucapnya.

Menurutnya jika pihaknya memilih terus menerus menginjak rem dengan menutup tempat wisata, dikhawatirkan para pelaku wisata dan perhotelan di Garut akan kembali terdampak.

Selain itu pengawasan secara ketat juga akan dilakukan oleh jajaran kepolisian Polres Garut yang akan melakukan pengamanan di sejumlah titik masuk ke Kabupaten Garut untuk melakukan pemeriksaan.

"Tim pengamanan dari Polres Garut akan menyediakan check point di sejumlah jalur strategis dan objek vital lainnya," ucapnya.

Pihaknya juga mewanti-wanti kepada masyarakat yang hendak berlibur ke Garut untuk menjaga diri dengan memperhatikan prokes minimal sudah melakukan vaksinasi sebelumnya.

Baca juga: Tak Ada Penyekatan di Tempat Wisata di Jabar Selama Libur Natal dan Tahun Baru, Tegas Kapolda

Saat ini tempat wisata di Kabupaten Garut sepenuhnya sudah memberlakukan persyaratan vaksinasi Covid-19 untuk bisa berwisata dengan aman.

Apalagi menurutnya saat ini pemerintah sedang siaga penuh untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 varian omicron.

"Kita semua mempunyai persoalan krusial yang harus diwaspadai seperti virus omicron," ujarnya.(*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved