Breaking News:

Teror Monyet Liar di Rancah Ciamis, Korbannya Sudah 25 Ekor Kambing, 3 Ekor Domba dan 300 Ekor Ayam

Teror monyet liar di Rancah, Ciamis, sudah terjadi sejak bulan Oktober lalu.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Ilustrasi monyet. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Teror monyet liar yang cukup meresahkan warga Dusun Jatisari dan Dusun Margamulya, Desa Kiarapayung, Rancah, Ciamis ternyata sudah berlangsung sejak Oktober lalu.

“Tapi parahnya selama seminggu terakhir. Seminggu  ini serangan monyet liar itu menjadi-jadi setiap hari ada saja ternak warga yang jadi korban termasuk hari ini,” ujar Kades Kiarapayung, Dedi B Yani kepada Tribun Jabar Selasa (14/12/2021).

Sejak Oktober lalu menurut Dedi setidaknya ada 25 ekor kambing milik warga yang menjadi korban serangan monyet liar yang bebas berkeliaran di kedua dusun di Desa Kiarapayung tersebut. Berikut  3 ekor domba dan 300 ekor ayam.

“Tercatat ada 25 ekor kambing, 3 ekor domba dan sekitar 300 ekor ayam yang jadi korban serangan monyet liar tersebut. Terakhir hari ini ada dua ekor kambing di Dusun Margamulya yang jadi korban,” katanya.

Puluhan ekor kambing dan romba serta ratusan ekor ayam tersebut menurut Dedi, tidak dimangsa oleh pelaku (monyet liar) tetapi hanya dilukai, dicakar.

Sehingga leher dan badan ternak luka-luka bahkan ada yang sampai tercabik-cabik berdarah.

“Karena luka parah ada yang sampai mati. Ada 6 ekor domba yang mati karena diserang monyet liar tersebut,” ujar Dedi.

Pelakunya menurut Dedi, diduga dua ekor monyet liar yang datang entah dari mana.

“Diperkirakan ada dua ekor monyet liar pelakunya. Tapi entah datang dari mana monyet itu. Di sini tidak ada yang memlihara monyet, tidak ada  kawasan hutan yang dihuni monyet. Tiba-tiba sejak Oktober lalu ada monyet liar yang gentayangan,” katanya.

Monyet liar tersebut diperkirakan lapar, keluar masuk kebun, bahkan juga ke warung dan rumah warga.  Sehingga bikin resah, terlebih setelah banyak ternak warga yang jatuh jadi korban, luka-luka dicakar monyet liar tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved